Cara Menanam Kailan di Pot

Loading...
Loading...
Cara Ménanam Kailan di Pot – Kailan mérupakan salah satu jénis sayuran daun yang mémiliki kandungan pro Vitamin A dan asam askorbat yang tinggi. Tumbuh di dataran réndah dan dataran tinggi atau déngan kétinggian témpat bérkisar antara 700 – 1500 m dari pérmukaan laut. Béradaptasi pada hampir sémua jénis tanah, baik pada tanah lémpung bérpasir, gémbur, bérstréktur ringan/sédang sampai tanah bérstréktur liat bérat dan juga pada tanah organik sépérti tanah gambut. Kémasan pH tanah yang optimal bagi pértanaman kailan adalah antara 6,0 – 6,8. Karéna péméliharaannya mudah, cépat, séragam, dan adaptasinya luas, tanaman kailan ini banyak ditanam di lahan pékarangan.




Cara Ménanam Kailan di Pot

1. Pérsémaian/pémbibitan

Siapkan média sémai bérupa nampan plastik atau rak khusus untuk pényémaian.
Isi déngan tanah dan pupuk kandang atau kompos déngan pérbandingan masing-masing 1 bagian.
Tabur bénih sécara mérata kémudian pércikan air hingga média basah sélanjutnya ditutup pérmukaan. ménggunakan karung, daun pisang, atau plastik sélama 2-3 hari agar térjaga kélémbabannya hingga sampai bénih sudah tampak bérkécambah.
Jaga média tétap lémbab déngan cara mémércikkan air agar tumbuh baik.
2. Pénanaman
 Média tanam yang baik untuk digunakan térdiri dari tanah gémbur atau top soil, kompos atau pupuk organik, dan sékam padi déngan pérbandingan volumé 1 : 1 : 1. Aduk kétiga bahan ini sampai tércampur rata, kémudian masukan ké pot atau polybag.
Bibit yang télah bérumur 12 hari sétélah sémai dapat dipindahkan ké dalam pot atau polybag. Ambil média sémai déngan hati-hati jangan sampai mérusak média dan méngakibatkan banyak akar yang térputus. Sélanjutnya tanam bibit di lubang tanam sécara tégak lalu tanah di sékitar lubang dipadatkan
3. Péméliharaan

Pémupukan sébaiknya dilakukan déngan pupuk organik. Jika dipérlukan pupuk kimia disarankan dilakukan déngan cara dikocor sébanyak 3,5 gram pér litér air, kocorkan larutan pupuk sébanyak 250 cc pér tanaman.
Pényiraman térgantung pada kéadaan cuaca, pada udara panas dilakukan sétiap pagi dan soré hari, pényiraman dilakukan séjak awal pénanaman sampai awal panén.
Lakukan péncabutan gulma (tanaman liar atau rumput yang tumbuh di média tanam) sékaligus déngan méngémburkan médianya
4. Péngéndalian Organismé Péngganggu Tumbuhan (OPT)

OPT utama yang ményérang tanaman kailan adalah séjénis hama/ulat. Péngéndaliannya dapat dilakukan déngan cara pémanfaatan Diadégma sémiclausum sébagai parasitoid hama Plutélla xylostéla, pénggunaan péstisida nabati, biopéstisida, dan juga péstisida kimia. Péngéndalian déngan péstisida harus dilakukan déngan bénar baik pémilihan jénis, dosis, volumé sémprot, cara aplikasi, intérval maupun waktu aplikasinya (lihat pétunjuk pada kémasan).
5. Panén dan Pascapanén

Panén dapat dilakukan sétélah tanaman bérumur 45-50 hari déngan cara méncabut atau mémotong pangkal batangnya. Pémanénan yang térlambat dilakukan ményébabkan tanaman cépat bérbunga.
Tanaman yang baru dipanén ditémpatkan di témpat yang téduh, dan dijaga agar tidak cépat layu déngan cara dipérciki air. Kémudian dilakukan sortasi untuk mémisahkan bagian yang tua, busuk atau sakit. Pényimpanan bisa ménggunakan wadah bérupa kéranjang bambu, wadah plastik atau karton yang bérlubang-lubang untuk ménjaga sirkulasi udara.


Loading...