Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Loading...
Loading...
Bunga anggrék térmasuk salah satu tanaman hias yang populér di Indonésia. Banyak sékali orang yang ménggunakan waktu luangnya untuk ménanam bunga anggrék karéna méngétahui tanaman dari suku anggrék-anggrékan ini bisa ménambah kécantikan sisi dépan rumah. Bunga anggrék térsébut bisa ditanam di dalam pot ataupun ditémpél.


Bunga anggrék bisa tumbuh déngan baik di négara sépérti Indonésia karéna mémang tanaman anggrék bisa hidup di daérah tropika basah hingga wilayak sirkumpolar. Oléh karéna hal térsébut, tidak ada yang khawatir untuk mélakukan péméliharaan anggrék hias di halaman rumahnya. Jika Anda juga tértarik untuk ménanam tanaman hias ini, bérikut cara ménanam dan mérawat bunga anggrék di dalam pot ataupun ditémpél.

CARA MÉNANAM BUNGA ANGGRÉK
cara-ménanam-bunga-anggrék
Anggrék mérupakan tanaman yang bisa mérépréséntasikan atau méwakili pérasaan séséorang térhadap pasangannya. Itulah méngapa banyak sékali toko tanaman yang ménjual bunga potong anggrék. Banyaknya péminat térhadap bunga anggrék térnyata mémbuat sébagian orang tértarik untuk mémbudidayakan tanaman anggrék di sékitar rumahnya.

Pada pénjélasan méngénai cara ménanam bunga anggrék ini, ada bébérapa hal yang sékiranya pérlu Anda kétahui térlébih dahulu. Bunga anggrék bisa ditanam di dalam pot dan bisa juga ditanam déngan cara ditémpél ké papan atau batang pohon. Kita akan mémbahasnya satu pérsatu.




1. MÉNANAM DI DALAM POT

Anggrék térmasuk tanaman yang cukup idéal untuk ditanam di dalam pot. Sébélum mémulai pénanamannya, Anda pérlu méngétahui bébérapa hal. Pot yang héndak dipakai untuk ménanam bunga anggrék térbuat dari pot plastik atau potoh. Disarankan untuk ménggunakan pot dari tanah liat yang mémpunyai lubang-lubang kécil bérdiamétér sékitar 2 cm. Adanya lubang-lubang térsébut akan mémbantu sirkulasi udara sérta mémpérmudah aérasi dan drainasé.

Di samping itu, ménggunakan pot yang térbuat dari tanah liat juga mémungkinkan air térsérap ké bahan pot apabila térjadi kélébihan air siraman. Déngan bégini, maka bunga anggrék yang sédang Anda tanam dan rawat térhindar dari pényakit busuk akar. Kélébihan lainnya, déngan pot tanah liat, pada kondisi lingkungan yang lémbab, akar tanam bunga anggrék akan sélalu térjaga.

Sétélah méndapatkan pot untuk ménanam bunga anggrék, bérikutnya adalah mémilih média tanam yang cocok untuk bunga anggrék. Singkat saja, média tanam yang cocok untuk bunga anggrék bisa dari campuran bébérapa média tanam sépérti pécahan batu bata atau génténg, batang pakis, sérutan atau potongan kayu, sabut kélapa, dan arang kayu.

Jika Anda kébingungan, maka disarankan untuk méngisi pot déngan média tanam bérupa sabut kélapa, potongan pakis, arang kayu, dan pécahan batu bata. Sétélah pot térisi média tanam, bérikutnya siapkan bibit anggrék yang Anda péroléh dari toko pértanian dalam kémasan botolan bérukuran 1 cm. Tanam bibit anggrék langsung pada pot yang sudah bérisi média tanam.

2. MÉNANAM DÉNGAN DITÉMPÉL DI BATANG POHON

Bunga anggrék épifit bisa mémpéroléh tampilan yang lébih ménarik déngan késan yang alami déngan cara ménanamnya ditémpél pada batang pohon. Pénananam sémacam ini mérupakan habitat asli dari bunga anggrék épifit. Untuk ménanam anggrép di batang pohon, sébaiknya pilih pohon yang cukup rindang séhingga inténsitas cahaya matahari tétap dipéroléh dalam takaran sédang dan tidak térlalu bérlébih.

Bunga anggrék épifit bisa ditanam pada batang pohon yang hidup ataupun mati. Sébétulnya di tiang béton juga bisa, asalkan témpat ménémpélnya anggrék méménuhi syarat kélémbaban agar pértumbuhannya bérjalan déngan baik. Apabila ménggunakan pohon yang mati, maka pilih yang tahan air dan tahan panas matahari séhingga batang tidak mudah mélapuk.

Apabila mémilih pohon hidup, maka téntukan pohon yang bérkulit batang cukup tébal agar tidak mudah térkélupas. Lébih baiknya lagi untuk ménggunakan pohon déngan pérmukaan batang yang agak kasar agar ménjadi témpat mélékat akar yang baik. Bébérapa pohon yang mémpunyai kritéria pada batang térsébut adalah jambu air, mangga, asam jawa, nangka, dan rambutan.

Sébélum ditémpélkan, batang pohon harus ditémpél déngan média yang bisa méngikat air sépérti sabut kélapa, potongan pakis, atau ijuk. Untuk tanaman anggrék yang akan ditémpél bisa bérasal dari tanaman muda (atau déwasa), anakan, atau bibit kompot. Jika Anda héndak ménanam tanaman déwasa, maka angkat tanaman bérbaréngan déngan média tanamnya.

Jika ménggunakan tanaman muda dan bibit dari kompot, sébélum ditémpél, potong sébagian akarnya lalu cuci bérsih pakai air. Bérikutnya, bibit atau akar tanaman muda dicélupkan ké dalam larutan fungisida sélama satu dua ménit. Lalu célupkan lagi ké dalam larutan péngatur tumbuh déngan waktu yang sama.

Péncélupan juga bisa dilakukan untuk tanaman déngan média tanam tambahan. Sétélah langkah péncélupan sélésai, sélanjutnya témpélkan tanaman bunga anggrék pada pohon yang dipilih. Upayakan agar kétinggiannya tidak méléwatib adan séhingga pérawatannya tidak mérépotkan.

CARA MÉRAWAT BUNGA ANGGRÉK

cara-mérawat-bunga-anggrék

Baik ménanam anggrék di dalam pot ataupun ditémpél pada dinding, ada pérawatan yang dibutuhkan tanaman agar bisa tumbuh déngan baik dan sécara maksimal.

PÉNYIRAMAN

Sébagaimana tanaman lain, bunga anggrék juga pérlu disiram agar tidak mati karéna méngalami kékurangan air. Air yang digunakan untuk ményiram bisa dari air lédéng, air sumur, atau air hujan. Tidak disarankan untuk ménggunakan air yang sudah bércampur déngan bahan kimia dan air kali karéna kémungkinan méngandung zat hidup yang bisa méngganggu pértumbuhan anggrék.

Siramlah anggrék sésuai déngan cuaca yang sédang bérlangsung. Saat iklim di lingkungan sédikit tinggi, maka tanaman anggrék bisa disiram paling tidak dua kali dalam séhari. Kétika musim pénghujan, apabila Anda ménémpatkan anggrék di luar rumah, pindahkan ké dalam agar tidak térpéricik air hujan hingga média tanam sangat basah dan mémicu pémbusukan akar.

BÉRIKAN SINAR MATAHARI

Tanaman anggrék mémérlukan sinar matahari untuk méndukung pértumbuhannya. Anda bisa ménémpatkan bunga anggrék pada aréa yang tidak térkéna sinar mathaari langsung. Déngan méngatur sébérapa térik sinar matahari yang méngénai tanaman, maka tanaman anggrék tidak akan méngalami masalah baik dalam pértumbuhan atau pémbérian hasil bérupa tampilan yang ménarik.

LAMPU RUANGAN

Untuk ménjaga kéindahan bunga anggrék, bébérapa orang mémilih untuk mélakukan répotting atau pémindahan pot ké pot kaca atau pot plastik déngan diamétér yang lébih bésar sérta pot yang bérsih. Biasanya, méréka juga mémindahkan pot térsébut ké dalam rumah. Pérmasalahannya, tanaman anggrék tétap mémbutuhkan asupan sinar matahari. Oléh sébab itu, untuk ménanggulanginya, bélilah lampu ruangan agar anggrék tétap térkéna cahaya.

JAGA KÉLÉMBABAN LINGKUNGAN TUMBUH DAN MÉDIA TANAM

Bunga anggrék térmasuk tanaman tropis yang bisa bértahan pada lingkungan yang cukup lémbab. Tingkat kélémbaban tanaman ini harus sélalu dijaga agar bisa tumbuh déngan baik. Jangan biarkan tanaman mati hanya karéna Anda lupa mélakukan pényiraman atau mémbérikan péncahayaan pada tanaman.

BÉRIKAN PUPUK

Pupuk akan ménjaga tanaman tétap séhat dan tumbuh sécara optimal. Pémbérian pupuk anggrék tidak boléh sémbarangan, takaran dan jénis pupuk yang dibérikan haruslah sésuai déngan kondisi tanaman. Untuk masalah ini, lébih baik Anda tanyakan langsung ké méréka yang ahli atau ké toko pértanian témpat Anda mémbéli pupuk ataupun bibit anggrék.

Cara ménanam dan mérawat bunga anggrék mérupakan kégiatan bérkébun yang bisa méngurangi béban pikiran. Jika Anda masih mérasa késulitan untuk mémbudidayakan anggrék déngan baik, maka tanamtanaman.com sarankan Anda untuk mélakukan pénanaman bunga sédap malam yang juga digolongkan ké dalam tanaman hias untuk mémpércantik bébérapa bagian rumah Anda.


Sumber  :  jokowarino
Loading...