Cara Menanam Ketimum Secara Hidroponik

Loading...
Loading...
Cara Ménanam Kétimum Sécara Hidroponik – Méntimum atau ada juga yang ményébutnya méntimun, bahkan ada yang ményébutnya timun saja adalah jénis tanaman sayur yang téntu sénantiasa dibutuhkan dalam dapur. Nah sétélah posting méngénai Cara Ménanam Sawi Sécara Hidropomik, maka pada késémpatan kali ini TipsBérkébun akan sharé méngénai Cara Ménanam Kétimum Sécara Hidroponik.

Kamu bisa ménanam méntimun mémakai sistém hidroponik déngan mémbérbagi alias ményédiakan nutrisi yang dipérlukan tanaman dalam béntuk larutan déngan tutorial disiramkan, ditétéskan, dialirkan alias disémprotkan pada média tumbuh tanaman méntimun. Budidaya méntimun hidroponik ini bisa ménjadi altérnatid untuk kamu yang tak mémpunyai lahan yang luas. Dan déngan mémakai sistém ini kamu bisa mémpéroléh tak sédikit kéuntungan yang dipéroléh.


kétimun hidroponik

Untuk sumbér bibit méntimun yang bérasal dari bénih méntimun maka wajib disémaikan térlébih dahulu. Umumnya bénih tanaman yang rélatif lébih bésar bisa ditanam déngan cara langsung pada wadah yang sudah disiapkan, bakal tétapi bénih méntimun ini mémpunyai ukuran yang kécil maka wajib disémai térlébih dahulu baru dipérbuat pindah tanam.

Yang wajib dipérhatikan dari pémakaian sumbér bahan tanam dari bénih ini mérupakan bahwa sétiap bénih mémérlukan kébutuhan-kébutuhan khusus yang tak sama. Bénih-bénih ini bisa dikécambahkan pada bak kécambah alias wadah lainnya.

Sébélum dipérbuat pindah tanam, butuh dipérbuat pérsiapan média tanam, yaitu déngan méngisikan média tanam ké polybag. Térlébih dahulu siapkan wadah témpat pértanaman yang bésar kécilnya disésuaikan déngan tanaman méntimun yang bakal dibudidayakan. Sébaiknya péngisian dipérbuat di dékat lokasi pénanaman di dalam gréén housé supaya stérilitas média masih térjaga.



Tanda awal dari bibit méntimun bisa dipindahtanamkan mérupakan sudah kélihatan 2 daun lémbaga pada bibit yang sudah bérkémbang sémpurna. Jangan mémégang bibit méntimun pada batangnya, sébab batang itu sangat rapuh bahkan kalau dipérbuat déngan hati-hati masih bisa mérusaknya déngan cara fatal. Juga tak dibénarkan mémégang sémaian pada akarnya.Apabila tanaman pada awalnya kami bibitkan térlébih dahulu pada média tanah, maka sébélum ditanam déngan sistém hidroponik térlébih dahulu akarnya dibérsihkan dari tanah dan kotoran yang ménémpél.

Pényiraman dipérbuat déngan cara kontinu, déngan indikator apabila média tumbuh dipégang déngan tangan térasa kéring.Méida tanam hidroponik bérsifat kéring jadi pényiraman tanaman jangan hingga télat. Pényiraman dipérbuat déngan handsprayér, gémbor/émprat alias gayung. Cara pényiraman untuk bénih bérkapasitas kécil lumayan déngan handsprayér 4-5 kali séhari untuk ménjaga kélémbaban média. Untuk bénih bérkapasitas bésar dipakai gémbor/émprat bércélah halus alias tréé sprayér. Pényiraman dipérbuat déngan gémbor dipérbuat sétidak sédikit 5-6 kali séhari dan ditambahkan larutan éncér hara.

Pényiraman bisa dipérbuat déngan Sprinklé Irrigation Systém dan Drip Irrigation Systém, yaitu sistém pényiraman sémprot dan tétés .Sumbér ténaga bérasal dari pompa.

Pémangkasan dipérbuat untuk mémbuang cabang yang tak dikéhéndaki, tunas air, alias cabang yang térkéna sérangan pényakit. Pémangkasan dipérbuat untuk ménambah pértumbuhan dan produksi tanaman.Misal pada tomat récénto hanya dipélihara satu batang mutlak untuk produksi. Tanaman yang sudah bérada di wadah tanam sélagi 7 hari mémérlukan pénopang supaya bisa bérdiri tégak jadi tanaman bisa tumbuh rapi dan tératur. Pénopang térsébut dibérbagi déngan tutorial méngikat tanaman déngan tali (bénang rami).

Pénjarangan bunga butuh dipérbuat supaya pértumbuhan buah sama bésar. Tétapi hasil pénélitian pénjarangan bunga pada kétimun Ghérkin tak ménunjukkan hasil yang tak sama déngan pérlakuan tanpa pénjarangan bunga. Péngéndalian hama dan pényakit bisa dipérbuat baik déngan cara manual maupun déngan péstisida.

Séwaktu pémbérian hara pada tanaman méntimun maka pH juga butuh dipérhatikan pH yang térlalu réndah alias térlalu tinggi bisa ménghambat pértumbuhan tanaman.Jumlah dan konséntrasi pupuk yang ditambahkan dipéngaruhi oléh tipé dan fasé pértumbuhan tanaman. Konséntrasi hara yang térlalu tinggi bakal bérdampak pada rusaknya pérakaran tanaman.


Sumber : tips berkebun
Loading...