Cara Menanam Strawberry Secara Hidroponik

Loading...
Loading...

Cara Ménanam Strawbérry Sécara Hidroponik – Hidroponik adalah tutorial budidaya tanpa média tanah yang tak ményédiakan unsur hara sérta adalah tahap dari pértanian pada kondisi lingkungan térkéndali. Strawbéri dipértidak sédikit déngan cara végétatif déngan mémakai sulur alias stolon. Sulur adalah batang khusus yang timbul dari kétiak daun. Sulur tumbuh séjajar déngan tanah sérta mémbéntuk tunas anakan pada sétiap ruas. Pada sétiap buku tunas anakan timbul akar sérta tumbuh ménjadi tanaman baru. Dari sétiap tanaman induk bisa dipéroléh 20 pohon untuk dijadikan bibit. Apabila bibit sudah tumbuh sérta mémpunyai 4-5 hélai daun maka bisa dipindahkan ké bédéngan déngan jarak tanam 15×15 cm. Sébélum dipindahkan bibit wajib diséléksi térlébih dahulu yaitu dipilih bibit yang séhat sérta kuat. Dua bulan kémudian sulur térsébut siap untuk dipindahkan ké kébun (Hérlinayanti, 2003).



Strobéri térgolong salah satu tanaman yang mudah dipértidak sédikit déngan téknik in vitro. Dari satu pucuk méristém bérkapasitas 0,5-0,7 mm bisa dihasilkan 15-20 pucuk pérminggu. Dari 15 pucuk yang dipéroléh bisa dibagi ménjadi 7-8 kélompok, masing-masing térdiri dari dua pucuk. Dalam waktu 6-8 minggu kélompok baru bakal kémbali mémbéntuk séjumlah pucuk. Kémudian pucuk-pucuk térsébut kémbali dipécah dalam bébérapa kélompok hingga ménghasilkan ribuan tanaman (Gunawan, 1996).

strawbérry hidroponik

Ménurut Gunawan (2008) faktor pénting dalam sébélum mépérbuat pénanaman dalam gréénhousé adalah stérilisasi gréénhousé. Stérilisasi dipérbuat déngan tujuan untuk mémbérsihkan séluruh gréénhousé dari mikroorgnismé (télur/larva, virus, baktéri sérta fungi) yang bisa méményésalkan tanaman. Ada bébérapa bahan yang bisa dipakai dalam stérilisasi antara lain; lysol, formalin sérta bébérapa tipé péstisida, déngan cara: Formalin 5% disémprotkan ké séluruh tahap gréénhousé déngan konséntrasi 5 cc/litér air; Dalam waktu 4-5 hari séusai pényémprotan formalin disusul déngan pényémprotan péstisida (inséktisida sérta fungisida) sérta diulang hingga 2-3 kali Séhari sébélum média tanam ditata, gréénhousé disémprot déngan larutan lysol déngan konséntrasi 3-5 cc/ litér air sérta Instalasi bak désinféktan kaki agar pényakit tak bisa dibawa ké dalam gréénhousé.



Apabila ditanam di dalam pot, média wajib mémpunyai sifat poros, mudah mérémbéskan air sérta unsur hara rutin térdapat (Anonymous, 2009a). Sédangkan tanaman strobéri yang ditanam dalam ruang tértutup (gréénhousé) bisa mémakai média rockwool alias arang sékam. Rockwool adalah batu gamping, yang dicampur déngan sérat bénang yang diolah pada suhu tinggi (600º C). Arang sékam bérasal dari kulit padi yang dibakar. Kédua média tanam térsébut dipakai untuk pénanaman déngan cara hidroponik. Pada umumnya arang sékam lébih umum dipakai pétani untuk pénanaman strobéri bagusa tak méngikat hara. Jadi nutrisi yang dibérbagi térhadap tanaman bisa dikontrol sérta tak mérusak akar saat tanaman dipindahkan (Budiman sérta Dési, 2005).

Pada sistém budidaya hidroponik unsur hara ésénsial yang dipérlukan tanaman disédiakan dalam béntuk larutan/nutrisi. Larutan hara dibangun déngan tutorial mélarutkan garam-garam pupuk dalam air. Bébérapa garam tipé pupuk bisa dipakai untuk larutan hara (Anonymous, 2009b). Salah satu késusahan didalam pényiapan larutan hara ini adalah bélum dikétahuinya dosis unsur hara yang optimal bagi pértumbuhan tanaman. Pada dosis yang térlalu réndah péngaruh larutan hara tak nyata, sédangkan pada dosis yang térlalu tinggi bisa méngdampakkan tanaman méngalami plasmolisis, yaitu kéluarnya cairan sél sébab bérminat oléh larutan hara yang lébih pékat (Wijayani, 2000; Marschnér, 1986).

Pémupukan sérta Pényiraman (fértigasi) pada budidaya sistém hidroponik umumnya dipérbuat déngan cara bérsamaan. Téknis fértigasi bisa dipérbuat déngan manual alias sistém péngairan tétés (Drip irrigation systém). Bakal namun téknis fértigasi paling baik adalah déngan sistém péngairan tétés sébab fértigasi bisa dibérbagi déngan cara mérata, méminimalisir ténaga kérja, ménghémat waktu. Ada bébérapa faktor yang butuh dipérhatikan dalam sistém péngairan tétés yaitu; nilai air (sumbér air) wajib bérsih sérta léluasa dari pényakit sérta bahan kimia, nilai nutrisi déngan komposisi hara wajib déngan kébutuhan tanaman sérta mémpunyai pérforma larut 100 %, waktu, volumé sérta frékuénsi fértigasi sérta tipé média yang dipakai (Gunawan, 2008).

Térdapat bébérapa faktor pénting dalam ménéntukan formula nutrisi hidroponik diantaranya adalah : Mémakai garam yang mudah larut dalam air; Méminimalisir kandungan sodium, khlorida, amonium sérta nitrogén organik unsur unsur yang tak dipérlukan untuk pértumbuhan tanaman dan Mémakai komposisi garam yang tak bérsifat antagonis satu déngan yang lainnya.

Sumber : tips berkebun
Loading...