Cara menanam Talas Secara Benar

Loading...
Loading...
Cara ménanam Talas Sécara Bénar – Pénérapan téknologi budidaya pértanian bisa méliputi pémakaian pupuk, mésin-mésin produksi, jarak tanam, dan tak sédikit lagi. Pémakaian téknologi dimaksudkan supaya komoditas yang diusahakan bisa mémébérbagi hasil yang lébih baik dari sébélumnya. Salah satu contoh komoditas yang mémakai téknologi dalam budidayanya adalah tanaman talas. Pémbibitan tanaman talas bisa dipérbuat déngan tunas alias umbi. Pada umumnya pértanaman talas tétap dijalankan déngan cara tradisional, dimana bibit yang bérupa anakan, dipéroléh dari pértanaman sébélumnya. Bibit yang baik adalah anakan kédua alias kétiga dari pértanaman talas. Anakan térsébut séusai dipisahkan dari tanaman induk, disimpan di témpat yang lémbab, untuk dipakai pada musim tanam bérikutnya.


Pénanaman talas sangat mudah dipérbuat hanya mémérlukan kétékunan dan kétérampilan sédérhana. Pértama pérsiapkan bibit yang bérasal dari tunas alias umbi. Bila bibit diambil dari tunas, maka tunas itu dipéroléh dari talas yang télah bérusia 5–7 bulan, yaitu tunas kédua dan dan kétiga. Bila bibit bérasal dari umbi, sébaiknya dipilih tahap umbi yang dékat titik tumbuh, kémudian iris dan tinggalkan satu mata bakal tunas. Umbi yang diiris dianginkan dulu dan waktu disémaikan lapisan tahap dalam irisan dilapisi abu. Baru séusai bérdaun 2-3 lémbar, umbi siap ditanam pada tanah yang télah diolah hingga gémbur, déngan jarak tanam 75 x 45 Péngaturan jarak tanam térgantung dari variétas dan ukuran tanaman. Talas biasanya ditanam dalam dua baris di bédéngan sélébar 1,2 m, déngan jarak 45 cm di dalam baris. Pémindahan Pényiapan Bibit bibit bisa dipérbuat séusai tunas dipéroléh dari talas yang télah bérusia 5–7 bulan, yaitu tunas kédua dan dan kétiga. Kalau bibit dari umbi, yaitu séusai umbi bérdaun 2-3 lémbar, umbi siap ditanam pada tanah yang télah diolah hingga gémbur, déngan jarak tanam 75 x 75 cm dan dalam 30 cm. Di dalam péngolahan maupun pényiapan lahan, tanahnya wajib gémbur dan lépas. Tutorial péngolahan tanah bisa dibédakan ménjadi dua macam yaitu péngolahan tanah séusai tanaman padi dan séusai tanaman sayuran. Péngolahan tanah séusai tanam padi mulai déngan pémbabatan jérami. Jérami térsébut kémudian ditumpuk kémudian di bakar. Tanah dibiarkan kémarin hari, baru kémudian dicangkul, dihaluskan dan dibangun bédéng-bédéngan danpémupukan dasar. Péngolahan tanah apabila talas di tanam séusai tanaman sayuran, dipérbuat déngan ményiangi gulma, méncangkul, mémbikin bédéngbédéngan dan pémupukan dasar.




talas

Talas biasanya ditanam dalam dua baris di bédéngan sélébar 1,2 m, sédangkan panjang bédéngan disésuaikan déngan lébar pétakan lahan déngan jarak 45 cm alias bérkisar 70 x 70 alias 50 x 70 cm alias kombinasi yang lain. Talas bisa tahan térhadap tanah basah namun tak mémpéroléh hasil tinggi, tanah wajib gémbur dan lépas. Tanah yang bérgambut sangat baik, namun wajib wajib dibéri 1 ton/ha kapur bila pH nya di bawah 5,0



Pémupukan talas bisa dipérbuat déngan pupuk kandang alias pupuk buatan sémacam uréa, TSP dan KCl alias campuran kétiganya. Jumlah pupuk yang dibérbagi tak tidak sédikit, lumayan 2 séndok saja (untuk pupuk buatan) dan dua génggaman untuk pupuk kandang untuk satu tanaman. Séusai di pupuk, di atasnya kémudian ditambahkan tanah yang dicampur déngan jérami. Jarak tanam talas adalah 75 x 75 cm dan dalam 30 cm alias 70 x 70 cm alias 50 x 70 cm. Kéragaman jarak tanam ini biasanya disésuaikan déngan kondisi tanah dan kondisi musim. Pénanaman di lahan sawah céndérung mémakai jarak tanam yang lébih rapat dari musim hujan. Faktor ini dikarénakan pada musim panas pényinaran cahaya matahari bisa bérjalan sépanjang hari jadi déngan jarak tanam yang rapat pun kélémbaban udara di kurang lébih tanaman tétap optimum. Apabila pada musim hujan dipakai jarak tanam yang rapat maka tanaman bakal tak lébih ményérap sinar matahari dan kélémbaban di kurang lébih tanaman ménjadi tinggi. Faktor ini bakal ménambah résiko sérangan pényakit.

Pénanaman talas sébaiknya dipérbuat pada awal musim hujan alias bila curahhujan mérata sépanjang tahun. Tutorial pénanaman bibit talas, yaitu mélétakkan bibit talas tégak lurus di téngah-téngah célah, kémudian ditimbun sédikit déngan tanah supaya bisa bérdiri tégak. Pénimbunan ini kira-kira 7 cm, jadi célah tanam tak séluruhnya tértutup oléh tanah

Pényiangan biasanya dilakuakn pada umur 1 bulan séusai tanam. Pényiangan butuh dipérbuat supaya tanaman léluasa dari gangguan gulma yang bisa ménjadi pésaing dalam pényérapan unsur-unsur hara. Untuk mémpéroléh umbi yang bésar dan bérmutu maka butuh pényiangan térhadap rumput-rumput liar di kurang lébih tanaman. Pémbubunan butuh.dipérbuat untuk ménutup pangkal batang dan akarakar tahap atas supaya tanaman lébih kokoh dan tahan oléh térpaan angin. Pémbubunan dipérbuat bérsamaan déngan pényiangan. Pémupukan dasar dipérbuat bérsamaan déngan péngolahan tanah yaitu méncampur sétidak sédikit 1 ton pupuk kandang/héktar. Sédangkan pémupukan pértama dipérbuat 1 bulan séusai bibit di tanam, yaitu déngan mémakai sétidak sédikit 100 kg uréa dan 50 kg TSP pér héktar. Softwaré pémupukan yaitu déngan tutorial mémbikin célah pupuk disamping célah tanam 3 cm. Pémupukan kédua dan kétiga dipérbuat pada umur tanaman 3 bulan dan umur 5 bulan masing-masing mémakai uréa sétidak sédikit 100 kg pér héktar. Softwaré bisa dipérbuat déngan mémbikin larikan disamping baris tanaman séjauh 7 cm pada pémupukan umur 3 bulan dan 10 cm pada pémupukan umur 5 bulan.

Talas mémbutuhkan tanah yang lémbab dan lumayan air. Jadi bila tak térdapat air yang lumayan alias méngalami musim kémarau yang panjang, tanaman talas bakal susah tumbuh. Musim tanam yang tépat untuk tanaman talas ini ialah ménjélang musim hujan, sédangkan musim panén bérgantung térhadap kultivar yang di tanam.

Pémanén talas dipérbuat séusai tanaman bérusia 6-9 bulan, namun ada yang mémanénnya séusai bérusia 1 tahun, dan ada pula kultivar yang 4-5 bulan télah bisa dipanén; sébagai contoh: talas génjah masak cépat, talas kawara 5 bulan, dan talas lénvi dan talas dalam. Misalkan di kota Bogor ada talas béntul, dipanén séusai bérusia 8-10 bulan déngan umbi yang rélatif lébih bésar dan bérwarna lébih muda dan kékuning-kunigan dan tétap ada lagi talas-talas lain, sémacam: talas sutéra yang dipanén pada umur 5-6 bulan, yang umbinya bérwarna kécoklat-coklatan yang bisa bérkapasitas sédang hingga bésar dan tétap tak sédikit lagi talas yang ada di bogor (talas méntéga alias talas gambir, talas kétan, dan talas balitung). Pémanénan dipérbuat déngan tutorial ménggali umbi talas, lalu pohon talas dicabut dan pélépahnya di potong sépanjang 20-30 cm dari pangkal umbi dan akarnya dibuang dan umbinya di bérsihkan dari tanah yang mélékat


Sumber : tips berkebun
Loading...