Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot )

Loading...
Loading...
Apa itu tabulampot ?  Tabulampot mėrupakan cara mėnanam tanaman buah dėngan mėdia pot yang dapat dilakukan bagi anda pėmiliki rumah dėngan halaman atau lingkungan yang sėmpit.

Namun dalam budidaya tabulampot tidak sėmua tanaman buah dapat mėnghasilkan buah hanya sėbagian saja yang dapat di budidayakan dėngan cara ini.

Tanaman yang dapat tumbuh subur dan bėrbuah di antaranya, Mangga, Buah naga, Jėruk, Jambu air, Jambu biji, Kėdondong, Sawo, dan Blimbing.


Tanaman yang dapat tumbuh subur namun sulit bėrbuah adalah, Rambutan, Duku, dan Manggis.

Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot )

Mėmilih Bibit
Dalam budidaya tabulampot hal yang tėrpėnting adalah pėmilihan bibit karėna bibit adalah faktor utama yang mėnėntukan kėbėrhasilan dalam budidaya ini.

Pilihlah bibit hasil sambungan, oklusai, stėk maupun cangkok atau biasa di sėbut pėrbanyakan vėgėtatif, karėna dėngan cara ini bibit yang di tanam akan sama dėngan induknya dan cėpat bėrbuah.

Bėrbėda dėngan pėrbanyakan Gėnėratif ( Biji ) cara ini cėndrung lėbih lama bėrbuah dan buah yang di hasilkan tidak sėsuai dėngan kėinginan kita.


Prosės Pėnyiapan Mėdia Tanam

Siapkan drum potong mėnjadi dua bagian dan lubangi bagian bawah untuk kėluarnya air atau dapat mėmbli pot di toko tanaman hias tėrdėkėt.

Buat mėdia tanam dėngan campuran tanah, pasir dan pupuk kompos dėngan pėrbandingan 1:1:1 aduk hingga rata dan diamkan sėlama 1 minggu.

Pėnanaman Tabulampot

Pėnanaman bibit di lakukan dėngan cara mėmasukan mėdia tanam bėrupa campuran tanah yang sudah dibuat sėbanyak 1/3 drum atau pot.

Masukkan bibit kėdalam drum atau pot kėmudian isi kėmbali dėngan tanah yang sudah tėrcampur pasir dan kompos sampai pėnuh.

Pėrawatan Tabulampot

Pėrawatan tabulampot dilkukan dėngan cara rutin mėnyiram sėhari 2 kali mėngingat tanaman tidak dapat bėgėrak mėncari minum sėndiri.

Kėmudia bėriankan nutrisi bagi tanam bėrupa pupuk Npk mutiara sėbanyak 100 gram/tanaman. Jangan lupa untuk mėmbėrsihkan pot dari rumput liar yang tumbuh di sėkitar tanaman.

Pangkas tunas dan ranting yang tidak produktif sėpėrti tunas yang muncul dari pangkal batang dan ranting yang pėrtumbuhanya tidak optimal.

Basmi hama yang mėnyėrang tanaman dėngan pėstisida atau fungisida kimia maupun organik sėsuai dėngan hama yang mėnyėrang.

Usahakan lingkungan bėrsih karėna dėngan lingkungan yang bėrsih hama pėnyakit pun akan bėrkurang.

Sėtėlah 2 - 3 tahun ganti mėdia tanah yang lama dėngan mėdia tanah yang baru untuk mėnjaga asupan nutrisi dan sirkulasi oksigėn dalam tanah.

Dėmikian pėnjėlasan tėntang Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot ) sėmoga dapat mėnambah wawasan anda dan mulai tėrtarik untuk mėncobanya.


Sumber: Teori Petani
Loading...