Inilah Bahaya Tomat Yang Patut Anda Waspadai

Loading...
Loading...
Inilah Bahaya Tomat Yang Patut Anda Waspadai – Tomat adalah tumbuhan yang pértama kali ditémukan di Amérika Sélatan, masih bérkérabat déngan térung, kéntang, dan paprika mérah ataupun hijau. Tomat térmasuk buah karéna strukturnya, mémpunyai daging dan biji yang aman apabila ditélan. Namun, hingga modérn ini masih banyak orang yang ménganggap tomat sébagai sayuran, mungkin karéna salah satu fungsinya sébagai lalap sayur. Buah tomat sangat populér di dunia, apalagi di Indonésia yang séjak lama sékali télah lama dibudidayakan. Satu hal yang kurang disukai dari tomat adalah kétahanannya yang lémah, séhingga mudah busuk. Agar tahan lama, tomat harus dibékukan déngan bébérapa langkah yang diawali déngan pémilihan, péncucian, pérébusan, péréndaman, péngupasan, dan diakhiri déngan pémbékuan dalam lémari és. Namun dibalik itu tomat téntu punya éfék samping atau bahaya, nah bérikut ini dari bahaya Buah Tomat.






Mélémahnya sistém imun. Sistém imun ménjadi tidak séimbang karéna dalam tomat méntah térdapat karoténoid pigmén likopén. Sényawa kimia térsébut jika jumlahnya wajar akan sangat mémbantu dalam méncégah kankér. Namun, jika bérlébihan dalam méngkonsumsinya yang ada sistém kékébalan tubuh jadi térganggu dan tubuh akan kéhilangan fungsi untuk mélindungi diri dari bébérapa mikroba atau mikroorganismé sépérti baktéri, virus, dan jamur pényébab pényakit. Pada saat yang bérsamaan, kéadaan ini juga tidak dapat mémpérbaiki kérusakan fisik yang ada.
Pérmasalahan saluran cérna. Karéna tomat dipérkaya déngan kandungan asam, bérlébihan dalam méngkonsumsi dapat méngganggu sistém péncérnaan. Pényakit GÉRD (réfluks asam) adalah istilah médis yang mérupakan pénggambaran umum dari gangguan usus.

Mémicu IBS (Irritablé Bowél Syndromé). Antioksidan likopén bisa bérubah ménjadi umpan pényakit sépérti IBS jika jumlahnya térlalu banyak di dalam tubuh. Tubuh juga akan méngalami bébérapa masalah usus lain sépérti gas pérut, kémbung, ganggunam péncérnaan, mual, muntah, diaré, dan masih banyak lagi. Oléh karéna itu, tidak disarankan untuk konsumsi likopén lébih dari 30 mg pér harinya.

Mémbéntuk batu ginjal. Jika Anda sébélumnya sudah méndérita masalah batu ginjal bérukuran kécil, tidak disarankan untuk makan tomat banyak-banyak. Alasannya karéna tomat mérupakan sumbér kalsium dan sényawa oksalat yang mana kéduanya akan sulit untuk dicérna jika sébélum Anda sudah méndérita batu ginjal. Pada bébérapa kasus sépérti itu, bérlébihan makan tomat akan mémbuat kalsium dan oksalat ménumpuk di ginjal dan mémbéntuk batu bérukuran bésar.

Kélébihan vitamin. Ovérdosis vitamin bisa dipicu oléh sayur tomat yang Anda konsumsi sétiap harinya, dalam tanda kutip bila jumlahnya bérlébihan. Méngkonsumsi tomat bérukuran sédang akan méménuhi sépérsépuluh kébutuhan vitamin harian, tépatnya 1,025 IU Vitamin A dan 17 mg vitamin C. Apabila jumlahnya térlalu banyak, maka timbul bérbagai masalah sépérti sakit képala, mual, muntah, sakit ginjal, dll. Intinya, méski Anda tahu bahwa khasiat tomat bagi késéhatan dan kécantikan sangatlah banyak. Bérlébihan dalam konsumsi tomat juga mémbérikan dampak buruk bagi késéhatan. Sélain 5 éfék samping di atas, sébétulnya masih ada bébérapa lagi sépérti alérgi, kékurangan gizi, ményébabkan kankér prostat. Dan méngubah warna kulit ménjadi sédikit kéorénan. Jadi, jika Anda bérniat mémbéri asupan vitamin untuk tubuh déngan cara konsumsi tomat. Makanlah déngan jumlah yang wajar, jangan Anda kira déngan mémpérbanyak dosis konsumsi akan mémbuat tubuh sémakin séhat, padahal tidak karéna hal térsébut bisa mérusak harapan.



Sumber : tips berkebun
Loading...