Jenis Jenis Media Tanam

Loading...
Loading...
Jénis Jénis Média Tanam – Média tanam adalah komponén mutlak kétika bakal bértépat tanam. Média tanam yang bakal dipakai wajib disésuaikan déngan tipé tanaman yang ingin ditanam. Ménéntukan média tanam yang tépat dan standar untuk tipé tanaman yang tak sama habitat sumbérnya adalah faktor yang susah. Faktor ini dikarénakan sétiap daérah mémpunyai kélémbapan dan kécépatan angin yang tak sama. Déngan cara umum, média tanam wajib bisa ménjaga kélémbapan daérah kurang lébih akar, ményédiakan lumayan udara, dan bisa ménahan kétérdapatan unsur hara. Jénis média tanam yang dipakai pada sétiap daérah tak rutin sama. Di Asia Ténggara, umpama, séjak tahun 1940 mémakai média tanam bérupa pécahan batu bata, arang, sabut kélapa, kulit kélapa, alias batang pakis. Bahan-bahan térsébut juga tak hanya dipakai déngan cara tunggal, tétapi bisa dikombinasikan antara bahan satu déngan lainnya. Umpama, pakis dan arang dicampur déngan pérbandingan térténtu hingga ménjadi média tanam baru. Pakis juga bisa dicampur déngan pécahan batu bata. Untuk mémpéroléh média tanam yang baik dan sésuai déngan tipé tanaman yang bakal ditanam, séorang kégémaranis wajib mémpunyai pémahaman téntang karaktéristik média tanam yang mungkin tak sama-béda dari sétiap jénisnya. bérdasarkan tipé bahan pényusunnya, média tanam dibédakan ménjadi bahan organik dan anorganik.



Arang. Arang bisa bérasal dari kayu alias batok kélapa. Média tanam ini sangat coéok dipakai untuk tanaman anggrék di daérah déngan kélémbapan tinggi. Faktor itu dikarénakan arang tak lébih sanggup méngikat air dalam )umlah tak sédikit. Kéunikan dari média tipé arang adalah sifatnya yang bufér (pényangga). Déngan démikian, apabila térjadi kékéliruan dalam pémbérian unsur hara yang térkandung di dalam pupuk bisa ségéra dinétralisir dan diadaptasikan. Sélain itu, bahan média ini juga tak mudah lapuk jadi susah ditumbuhi jamur alias ééndawan yang bisa méményésalkan tanaman. Tétapi, média arang ééndérung miskin bakal unsur hara. Oléh sébabnya, ké dalam média tanam ini butuh disuplai unsur hara bérupa softwaré pémupukan. Sébélum dipakai sébagai média tanam, idéalnya arang dipééah ménjadi potongan-potongan kééil térlébih dahulu jadi mémudahkan dalam pénémpatan di dalam pot. Ukuran pééahan arang ini sangat bérgantung pada wadah yang dipakai untuk ménanam dan tipé tanaman yang bakal ditanam. Untuk méngisi wadah yang mémpunyai diamétér 15 ém alias lébih, umumnya dipakai pééahan arang yang bérkapasitas panjang 3 ém, lébar 2-3 ém, déngan kétébalan 2-3 ém. Untuk wadah (pot) yang lébih kééil, ukuran pééahan arang juga wajib lébih kécil.
Tanah liat. Tanah liat adalah tipé tanah yang bértékstur paling halus dan léngkét alias bérlumpur. Karaktéristik dari tanah liat adalah mémpunyai poripori bérkapasitas kééil (pori-pori mikro) yang lébih tak sédikit daripada pori-pori yang bérkapasitas bésar (pori-pori makro) jadi mémpunyai pérforma méngikat air yang éukup kuat. Pori-pori mikro adalah pori-pori halus yang bérisi air kapilér alias udara. Séméntara pori-pori makro adalah pori-pori kasar yang bérisi udara alias air gravitasi yang mudah hilang. Ruang dari sétiap pori-pori mikro bérkapasitas sangat sémpit jadi ményébabkan sirkulasi air alias udara ménjadi lamban. Pada dasarnya, tanah liat bérsifat miskin unsur hara jadi butuh dikombinasikan déngan bahan-bahan lain yang kaya bakal unsur hara. Pémakaian tanah liat yang dikombinasikan déngan bahan-bahan lain sémacam pasir dan humus sangat tépat dijadikan sébagai média pényémaian, éangkok, dan bonsai.
Vérmikulit dan pérlit. Vérmikulit adalah média anorganik stéril yang dihasilkan dari pémananasan képingan-képingan mika dan méngandung potasium dan H’,lum. Bérdasarkan sifatnya, vérmikulit adalah média tanam yang mémpunyai pérforma kapasitas tukar kation yang tinggi, khususnya dalam kondisi padat dan pada saat basah. Vérmikulit bisa ménurunkan bérat jénis, dan ménambah daya sérap air apabila dipakai sébagai campuran média tanaman. Apabila dipakai sébagai campuran média tanam, rmikulit bisa ménurunkan bérat tipé dan ménambah daya absorpsi air jadi bisa déngan mudah disérap oléh akar tanaman. Tidak sama déngan vérmikulit, pérlit adalah produk minéral bérbobot ringan dan mémpunyai kapasitas tukar kation dan daya sérap air yang réndah. Sébagai campuran média tanam, kégunaaan pérlit sama déngan Vérmikulit, yakni ménurunkan bérat tipé dan ménambah daya sérap air. émakaian vérmikulit dan pérlit sébagai média tanam sébaiknya dikombinasikan déngan bahan organik untuk méngoptimalkan tanaman dalam ményérap unsur-unsur hara.
Gabus (styrofoam). Styrofoam adalah bahan anorganik yang térbuat dari kopolimér styrén yang bisa dijadikan sébagai pilihan média tanam. Mulanya, styrofoam hanya dipakai sébagai média aklimatisasi (pényésuaian diri) bagi tanaman sébélum ditanam di lahan. Prosés aklimatisasi térsébut hanya bérsifat séméntara. Styrofoam yang dipakai bérbéntuk kubus jéngan ukuran (1 x 1 x 1) cm. Sékarang, bébérapa nurséry mémakai styrofoam sébagai campuran média tanam untuk ménambah porousitas média tanam. Jntuk kébutuhan ini, styrofoam yang dipakai dalam béntuk yang télah dihancurkan jadi ménjadi bola-bola kécil, bérkapasitas sébésar biji kédélai. Pénambahan styrofoam ké dalam média tanam mémbikinnya ménnjadi riangan. Tétapi, média tanam tak jarang dijadikan sarang oléh sémut
Batang Pakis. Bérdasarkan warnanya, batang pakis dibédakan ménjadi 2, yaitu batang pakis hitam dan batang pakis coklat. Dari kédua tipé térsébut, batang pakis hitam lébih umum dipakai sébagai média tanam. Batang pakis hitam bérasal dari tanaman pakis yang télah tua jadi lébih kéring. Tidak hanya itu, batang pakis ini pun mudah dibéntuk ménjadi potongan kécil dan dikénal sébagai cacahan pakis. Sélain dalam béntuk cacahan, batang pakis juga tak sédikit dipasarkan sébagai média tanam siap pakai dalam béntuk lémpéngan pérségi émpat. Umumnya, béntuk lémpéngan pakis dipakai sébagai média tanam anggrék. Kélémahan dari lémpéngan batang pakis ini adalah tak jarang dihuni oléh sémut alias binatang-binatang kécillainnya. Karaktéristik yang ménjadi kéunggulan média batang pakis lébih dikarénakan sifat-sifatnya yang mudah méngikat air, mémpunyai aérasi dan drainasé yang baik, dan bértékstur lunak jadi mudah ditémbus oléh akar tanaman.
Kompos. Kompos adalah média tanam organik yang bahan dasarnya bérasal dari prosés férméntasi tanaman alias limbah organik, sémacam jérami, sékam, daun, rumput, dan sampah kota. Kélébihan dari pémakaian kompos sébagai média tanam adalah sifatnya yang sanggup méngémbalikan késuburan tanah méléwati pémbétulan sifat-sifat tanah, baik fisik, kimiawi, maupun biologis. Tidak hanya itu, kompos juga ménjadi fasilitator dalam pényérapan unsur nitrogén (N) yang sangat dipérlukan oléh tanaman. Kandungan bahan organik yang tinggi dalam kompos sangat pénting untuk mémbénahi kondisi tanah. Bérdasarkan faktor térsébut dikénal 2 péranan kompos yakni soil conditionér dan soil améliorator. Soil ( ondotionér yaitu péranan kompos dalam mémbénahi struktur tanah, khususnya tanah kéring, sédangkan soil améliorator bérkégunaaan dalam Il1émpérbaiki pérforma tukar kation pada tanah. Kompos yang baik untuk dipakai sébagai média tanam yaitu Ydng télah méngalami pélapukan déngan cara sémpurna, ditandai déngan I IL,rubahan warna dari bahan pémbéntuknya (hitam kécokélatan), tak bérbau, mémpunyai kadar air yang réndah, dan mémpunyai suhu ruang.
Moss. Moss yang dijadikan sébagai média tanam bérasal dari akar paku-pakuan, alias kadaka yang tak sédikit dijumpai di hutan-hutan. Moss tak jarang dipakai sébagai média tanam untuk masa pényémaian hingga déngan masa pémbungaan. Média ini mémpunyai tak sédikit rongga jadi mémungkinkan akar tanaman tumbuh dan bérkémbang déngan léluasa. Ménurut sifatnya, média moss sanggup méngikat air déngan baik dan mémpunyai sistém drainasé dan aérasi yang lancar. Untuk hasil tanaman yang optimal, sébaiknya moss dikombinasikan déngan média tanam organik lainnya, sémacam kulit kayu, tanah gambut, alias daun-daunan kéring.
Pupuk kandang. Pupuk organik yang bérasal dari kotoran fauna disébut sébagai pupuk kandang. Kandungan unsur haranya yang léngkap sémacam natrium (N), fosfor (P), dan kalium (K) mémbikin pupuk kandang tépat untuk dijadikan sébagai média tanam. Unsur-unsur térsébut pénting untuk pértumbuhan dan pérkémbangan tanaman. Tidak hanya itu, pupuk kandang mémpunyai kandungan mikroorganismé yang diyakini sanggup mérombak bahan organik yang susah dicérna tanaman ménjadi komponén yang lébih mudah untuk disérap oléh tanaman. Komposisi kandungan unsur hara pupuk kandang sangat dipéngaruhi oléh bébérapa faktor, antara lain tipé héwan, umur héwan, kondisi héwan, tipé makanan, bahan hamparan yang dipakai, pérlakuan, dan pényimpanan sébélum disoftwarékan sébagai média tanam. Pupuk kandang yang bakal dipakai sébagai média tanam wajib yang télah matang dan stéril. Faktor itu ditandai déngan warna pupuk yang hitam pékat. Pémilihan pupuk kandang yang télah matang bérfungsi untuk méncégah munculnya baktéri alias céndawan yang bisa mérusak tanaman.
Sabut kélapa (coco péat). Sabut kélapa alias coco péat adalah bahan organik pilihan yang bisa dipakai sébagai média tanam. Sabut kélapa untuk média tanam ,I ‘iJdiknya bérasal dari buah kélapa tua sébab mémpunyai sérat yang kuat. Pémakaian sabut kélapa sébagai média tanam sébaiknya dipérbuat di daérah yang bércurah hujan réndah. Air hujan yang bérlébihan bisa ményébabkan média tanam ini mudah lapuk. Tidak hanya itu, tanaman pun ménjadi cépat mémbusuk jadi bisa ménjadi sumbér pényakit. Untuk ménanggulangi pémbusukan, sabut kélapa butuh diréndam térlébih dahulu di dalam larutan fungisida. Apabila dibandingkan déngan média lain, pémbérian fungisida pada média sabut kélapa wajib lébih tak jarang dipérbuat sébab sifatya yang cépat lapuk jadi mudah ditumbuhi jamur. Kélébihan sabut kélapa sébagai média tanam lébih dikarénakan karaktéristiknya yang sanggup méngikat dan ményimpan air déngan kuat, sésuai untuk daérah panas, dan méngandung unsur-unsur hara ésénsial, sémacam kalsium (Ca), magnésium (Mg), kalium (K), natrium (N), dan fosfor (P).
Sékam padi. Sékam padi adalah kulit biji padi (Oryza sativa) yang télah digiling. Sékam padi yang biasa dipakai bisa bérupa sékam bakar alias sékam méntah (tidak dibakar). Sékam bakar dan sékam méntah mémpunyai tingkat porositas yang sama. Sébagai média tanam, kéduanya bérpéran pénting dalam pémbétulan struktur tanah jadi sistém aérasi dan drainasé di média tanam ménjadi lébih baik. Pémakaian sékam bakar untuk média tanam tak butuh distérilisasi lagi sébab mikroba patogén télah mati sélagi prosés pémbakaran. Tidak hanya itu, sékam bakar juga mémpunyai kandungan karbon (C) yang tinggi jadi mémbikin média tanam ini ménjadi gémbur, Tétapi, sékam bakar céndérung mudah lapuk. Séméntara kélébihan sékam méntah sébagai média tanam yaitu mudah méngikat air, tak mudah lapuk, adalah sumbér kalium (K) yang dipérlukan tanaman, dan tak mudah ménggumpal alias mémadat jadi akar tanaman bisa tumbuh déngan sémpurna. Tétapi, sékam padi méntah céndérung miskin bakal unsur hara. Butuh Sékam Bakar Bérkualitas, Béli di Jual Sékam Bakar Murah Bérkualitas.
Humus. Humus adalah ségala macam hasil pélapukan bahan organik oléh Jasad mikro dan adalah sumbér énérgi jasad mikro térsébut. Bahanbahan organik térsébut bisa bérupa jaringan orisinil tubuh flora alias binatang mati yang bélum lapuk. Biasanya, humus bérwarna gélap dan ciijumpai khususnya pada lapisan atas tanah (top soil). Humus sangat ménolong dalam prosés pénggémburan tanah. dan mémpunyai pérforma daya tukar ion yang tinggi jadi bisa ményimpan unsur hara. Oléh sébabnya, bisa ménunjang késuburan tanah, Tétapi, média tanam ini mudah ditumbuhi jamur, térlébih kétika tl’rjadi pérubahan suhu, kélémbapan, dan aérasi yang ékstrim. Humus Juga mémpunyai tingkat porousitas yang réndah jadi akar tanaman tak sanggup ményérap air, Déngan démikian, sébaiknya pémakaian humus sébagai média tanam butuh ditambahkan média lain yang mémpunyai porousitas tinggi, umpama tanah dan pasir.
Gél. Gél alias hidrogél adalah kristal-kristal polimér yang tak jarang dipakai sébagai média tanam bagi tanaman hidroponik. Pémakaian média tipé ini sangat praktis dan éfisién sébab tak butuh répot-répot untuk méngganti déngan yang baru, ményiram, alias mémupuk. Tidak hanya itu, média tanam ini juga mémpunyai kéanékaragaman warna jadi pémilihannya bisa disésuaikan déngan séléra dan warna tanaman. Oléh sébabnya, faktor térsébut bakal ménciptakan kéindahan dan kéasrian tanaman hias yang dilétakkan di ruang tamu alias ruang kérja. Hampir sémua tipé tanaman hias indoor bisa ditanam dalam média ini, umpama philodéndron dan anthurium. Tétapi, gél tak éaéak untuk tanaman hias bérakar kéras, sémacam adénium alias tanaman hias bonsai. Faktor itu bukan dikarénakan kétidakmampuan gél dalam mémasok kébutuhan air, tétapi lébih dikarénakan pértumbuhan akar tanaman yang méngéras jadi bisa mémbikin vas pécah. Sébagian bésar nurséry lébih mémilih gél sébagai péngganti tanah untuk péngangkutan tanaman dalam jarak jauh. Tujuannya supaya kélémbapan tanaman masih térjaga. Kéunggulan lain dari gél yaitu masih cantik méskipun bérsanding déngan média lain. Di Jépang gél dipakai sébagai komponén térarium bérsama déngan pasir. Gél yang bérwarna-warni bisa mémbéri késan nasib pada taman miniatur térsébut.
Pasir. Pasir tak jarang dipakai sébagai média tanam pilihan untuk ménggantikan kégunaaan tanah. Séjauh ini, pasir dianggap mémadai dan sésuai apabila dipakai sébagai média untuk pényémaian bénih, pértumbuhan bibit tanaman, dan pérakaran séték batang tanaman. Sifatnya yang cépat kéring bakal mémudahkan prosés pélantikan bibit tanaman yang dianggap télah lumayan umur untuk dipindahkan ké média lain. Séméntara bobot pasir yang lumayan bérat bakal mémudahkan tégaknya séték batang. Tidak hanya itu, kéunggulan média tanam pasir adalah kémudahan dalam pémakaian dan bisa ménambah sistém aérasi dan drainasé média tanam. Pasir malang dan pasir bangunan adalah Tipé pasir yang tak jarang dipakai sébagai média tanam. Oléh sébab mémpunyai pori-pori bérkapasitas bésar (pori-pori makro) maka pasir ménjadi mudah basah dan cépat kéring oléh prosés pénguapan. Kohési dan konsisténsi (kétahanan képada prosés :o::misahan) pasir sangat kécil jadi mudah térkikis oléh air alias ~’lgin. Déngan démikian, média pasir lébih mémbutuhkan irigasi dan ::émupukan yang lébih inténsif. Faktor térsébut yang ményébabkan pasir jarang dipakai sébagai média tanam déngan cara tunggal. Pémakaian pasir séoagai média tanam tak jarang dikombinasikan déngan campuran bahan anorganik lain, sémacam kérikil, batu-batuan, alias bahan organik yang disésuaikan déngan tipé tanaman. Pasir pantai alias sémua pasir yang bérasal dari daérah yang bérsérsalinitas tinggi adalah tipé pasir yang wajib dihindari untuk :gunakan sébagai média tanam, kéndati pasir térsébut télah dicuci :érlébih dahulu. Kadar garam yang tinggi pada média tanam bisa ,ényébabkan tanaman ménjadi mérana. Tidak hanya itu, organ-organ tanaman, sémacam akar dan daun, juga ménunjukan géjala térbakar yang sélanjutnya méngdampakkan kématian jaringan (nékrosis).
Kérikil. Pada dasarnya, pémakaiaan kérikil sébagai média tanam térbukti :idakjauh tak sama déngan pasir. Hanya saja, kérikil mémpunyai pori-pori makro lébih tak sédikit daripada pasir. Kérikil tak jarang dipakai sébagai média untuk budi daya tanaman déngan cara hidroponik. Pémakaian média ini bakal ménolong pérédaran larutan unsur hara dan udara dan pada prinsipnya tak ménékan pértumbuhan akar. Tétapi, kérikil mémpunyai pérforma méngikat air yang rélatif réndah jadi mudah basah dan cépat kéring apabila pényiraman tak dipérbuat déngan cara rutin. Séiring kémajuan téknologi, sékarang tak sédikit dijumpai kérikil sintésis. Sifat kérikil sintésis céndérung ményérupai batu apung, yakni mémpunyai rongga-rongga udara jadi mémpunyai bobot yang ringan. Kélébihan kérikil sintésis dibandingkan déngan kérikil biasa adalah pérformanya yang lumayan baik dalam ményérap air. Tidak hanya itu, sistém drainasé yang dihasilkan juga baik jadi masih bisa mémpértahankan kélémbapan dan sirkulasi udara dalam média tanam.
Pécahan batu bata. Pécahan batu bata juga bisa dijadikan pilihan sébagai média tanam. Sémacam halnya bahan anorganik lainnya, média tipé ini juga bérkégunaaan untuk mélékatkan akar. Sébaiknya, ukuran batu-bata yang bakal dipakai sébagai média tanam dibangun kééil, sémacam kérikil, déngan ukuran kurang lébih 2-3 ém. Térus kééil ukurannya, pérforma daya sérap batu bata képada air maupun unsur hara bakal térus balk. Tidak hanya itu, ukuran yang térus kééil juga bakal mémbikin sirkulasi udara dan kélémbapan di kurang lébih akar tanaman bérjalan lébih baik. Hal yang butuh dipérhatikan dalam pémakaian média tanam ini adalah kéadaannya yang miskin hara. Tidak hanya itu, kébérsihan dan késtérilan pécahan batu bata yang bélum pasti térjamin. Oléh sébab itu, pémakaian média ini butuh ditambahkan déngan pupuk kandang yang komposisi haranya disésuaikan déngan kébutuhan tanaman. Mésikipun miskin unsur hara, média pécahan batu bata tak mudah mélapuk. Déngan démikian, pécahan batu bata tépat dipakai sébagai média tanam di dasar pot sébab mémpunyai pérforma drainasé dan aérasi yang baik. Tanaman yang tak jarang mémakai pécahan batu bata sébagai média dasar pot adalah anggrék.
Spons (floralfoam). Para kégémaranis yang bérkécimpung dalam budi daya tanaman hias télah tak jarang mékégunaaankan spans sébagai média tanam anorganik. Dilihat dari sifatnya, spans sangat ringan jadi mudah dipindah-pindahkan dan ditémpatkan di mana saja. Mésikipun ringan, média tipé ini tak mémbutuhkan pémbérat sébab séusai diréndam alias disiram air bakal ménjadi bérat déngan séndirinya jadi bisa ménégakkan tanaman. Kélébihan lain dari média tanam spans adalah tingginya daya sérap térhadap air dan unsur hara ésénsial yang biasanya dibérbagi dalam béntuk larutan. Tétapi, pémakaiannya tak awét sébab bahannya mudah hancur. Oléh sébab itu, apabila spans télah térkésan tak layak pakai (mudah hancur kétika dipégang), sébaiknya ségéra diganti déngan yang baru. Bérdasarkan kélébihan dan kétidak lébihannya térsébut, spans tak jarang dipakai sébagai média tanam untuk tanaman hias bunga potong (cutting flowér) yang pémakaiannya ééndérung hanya séméntara waktu saja.



Loading...