Macam Macam Sistem Menanam Hidroponik

Loading...
Loading...
 Macam Macam Sistém ménanam Hidroponik – Sistém bérkébun saat ini yang lagi trén adalah systém ménanan Hidroponik, yup sisitém Hidroponik adalah bérasal dari bahasa Yunani yakni Hydro dan Ponics yang artinya air dan daya atau ténaga. Tips ménanam déngan sistém hidroponik artinya ménanam ménggunakan média air atau ténaga kérja air.Hidroponik juga dikénal sébagai soilléss culturé atau budidaya tanaman tanpa ménggunakan média tanah. Jadi hidroponik bérarti budidaya tanaman yang mémanfaatkan air dan tanpa ménggunakan tanah sébagai média tanam atau soilléss.

Ménanam déngan téknik hidroponik bérarti kita bércocok tanam déngan mémpérhatikan pada péménuhan kébutuhan nutrisi bagi tanaman yang bérsangkutan, atau istilah lainnya bércocok tanam tanpa tanah tétapi ménggunakan air yang méngandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman.Rupanya masyarakat sudah ményadari péntingnya kébutuhan pupuk bagi tanaman.Di mana pun tumbuhnya sébuah tanaman akan tétap dapat tumbuh déngan baik apabila nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan sélalu tércukupi. Dalam kontéks ini péranan tanah adalah untuk pényangga tanaman dan air yang ada mérupakan pélarut nutrisi, untuk kémudian bisa disérap tanaman.




Pénérapan Sistém Hidroponik dalam Budidaya Sayuran

Ada 6 cara untuk ménanam déngan sistém Hydroponik, antara lain

Sistém AÉROPONIC. Sistém AÉROPONIC adalah systém hydroponic yang paling hébat dan mungkin juga mémbérbagi hasil paling baik dan tércépat dalam pértumbuhan dalam bérkébun Hydroponic. Faktor ini dimungkinkan sébab larutan nutrisi ini dibérbagi alias disémprotkan bérbéntuk kabut langsung ké akar, jadi akar tanaman lébih mudah ményérap larutan nutrisi yang tak sédikit méngandung oksigén.Séméntara tanaman sangat mémbutuhkan nutrisi dan oksigén dalam pértumbuhannya.

Sistém Tétés (DRIP SYSTÉM). Sistém Tétés adalah systém hidroponik yang tak jarang dipakai untuk saat ini. Sistém opérasinya sédérhana yaitu déngan mémakai timér méngontrol pompa. Pada saat pompa dinasibkan, pompa ménétéskan nutrisi ké masing-masing tanaman.Agar bérdiri tégak, Tanaman ditopang mémakai média tanam lain sémacam cocopit, sékam bakar, ziolit, pasir, dll tidak hanya tanah.

 Sistém NFT (NUTRIÉNT FILM TÉCHNIQUÉ). Sistém NFT ini adalah tutorial yang paling térkénal dalam istilah hidroponik. Sistém NFT ini déngan cara sémakin ménérus méngalirkan nutrisi yang térlarut dalam air tanpa mémakai timér untuk pompanya. Nutrisi ini méngalir kédalam gully mélalui akar-akar flora dan kémudian kémbali lagi ké pénampungan air, bégitu sésémakinnya.

Sistém ÉBB & FLOW SYSTÉM. Sistém Ébb & Flow békérja déngan tutorial mémbanjiri séméntara wadah pértumbuhan déngan nutrisi hingga air pada batas térténtu, kémudian méngémbalikan nutrisi itu ké dalam pénampungan, bégitu sésémakinnya. Sistém ini mémérlukan pompa yang dikonéksikan ké timér.

Sistém WATÉR CULTURÉ. Waltér Culturé adalah systém hidroponik yang sédérhana. Wadah yang ményangga flora biasanya térbuat darai Styrofoam dan méngapung langsung déngan nutrisi. Pompa udara mémompa udara ké dalam air stoné yang mémbikin gélémbung-gélémbung sébagai suply oksigén ké akar-akar tanaman.

Sistém WICK SYSTÉM. Wick systém ini salah satu systém hidroponik yang paling sédérhana sékali dan biasanya dipakai oléh kalangan pémula. Sistém ini térgolong pasif, sébab tak ada part-part yang bérgérak. Nutrisi méngalir ké dalam média pértumbuhan dari dalam wadah mémakai séjénis sumbu.

Ménaman déngan sistém Hidroponik mémang mémpunyai bérbagai kélébihan dibanding sistém konvésional bérkébun déngan tanah. Pada sistém Hidroponik, tingkat pértumbuhan tanaman hidroponik adalah 30-50 pérsén lébih cépat dari tanaman mémakai média tanah, tumbuh di bawah kondisi yang sama. Hasil tanaman juga lébih bésar. Para ilmuwan pércaya bahwa ada bérbagai argumén méngapa ménanam déngan sistém hidroponik itu sangat ménguntungkan. Tidak hanya itu, pasokan oksigén ékstra dalam média tumbuh hidroponik, sangat ménolong untuk mérangsang pértumbuhan akar-akar tanaman. Tanaman yang tak sédikit méngandung oksigén dalam akar juga sanggup ményérap nutrisi lébih cépat. Nutrisi dalam sistém hidroponik yang dicampur déngan air dan dikirim déngan cara langsung ké sistém akar. Flora tak wajib méncari di tanah untuk nutrisi yang dipérlukan. Nutrisi tanaman bakal rutin térpénuhi dari waktu ké waktu. Tanaman hidroponik séndiri mémérlukan sangat sédikit énérgi untuk ménémukan dan mémécah makanan. Tanaman kémudian mémakai énérgi yang disimpan ini untuk tumbuh lébih cépat dan ménghasilkan lébih tak sédikit buah. Tanaman hidroponik juga mémpunyai lébih sédikit pérsoalan déngan inféstasi bug, fungi dan pényakit. Déngan cara umum, tanaman yang tumbuh déngan sistém hidroponik adalah tanaman séhat dan tumbuh bésar. Bérkébun déngan cara hidroponik juga mémbéri kégunaaan bagi lingkungan. Bérkébun hidroponik mémakai air mémbutuhkan lahan lébih sédikit dari pada mémakai média tanah. Pémakaian péstisida lébih sédikit dipakai pada tanaman hidroponik.


Sumber : tips berkebun
Loading...