Jenis-jenis Pupuk Organik

Loading...
Loading...
Dalam Permentan (Peraturan menteri Pertanian ) No 02 tahun 2006, pupuk organik didefinisikan sebagai pupuk yang sebagian atau seluruhnya berasal dari tanaman atau hewan yang sudah melalui proses rekayasa, bisa berbentuk cair atau padat yang digunakan untuk mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat kimia, biologi dan fisik tanah.

Pupuk organik memiliki beragam varian dan jenis. Jenis-jenis pupuk organik dibedakan dari beberapa cara, pertama dari bahan baku, kedua dari metode pembuatan dan ketiga dari wujudnya. Dari sisi bahan baku ada yang terbuat dari hijauan, kotoran hewan atau campuran antara keduanya. 

Dari metode pembuatan ada banyak ragam seperti bokashi, kompos aerob dan lain sebagainya. Sedangakan dari sisi wujud ada yang berwujud cair, serbuk maupun tablet atau granul.

Teknologi pupuk organik berkembang pesat pada sekarang ini. Perkembangan tersebut tidak lepas dari dampak dari penggunaan pupuk kimia yang banyak menimbulkan berbagai masalah, mulai dari hilangnya kesuburan tanah, rusaknya ekosistem, masalah ketergantungan petani terhadap pupuk kimia serta masalah kesehatan. 

Oleh karena itu, penggunaan pupuk organik kembali digalakan oleh para petani untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai jenis-jenis pupuk organik yang biasa digunakan pada dunia pertanian. Sahabat Inspirasi berkebun silahkan perhatikan beberapa pupuk organik berdasarkan dari bahan pembuatanya dan fungsinya.

Ada berbagai jenis macam pupuk organik yang digunakan oleh para petani di lapangan. Secara umum pupuk organik dibedakan berdasarkan bahan penyusunnya dan bentuknya. Berdasarkan dari bahan penyusunnya terdapat pupuk kandang , pupuk kompos dan pupuk hijau, sedangkan jika dilihat dari segi bentuk, terdapat pupuk padat dan pupuk organik cair.
Jenis-jenis Pupuk Organik
Penjelasan mengenai jenis-jenis dari pupuk organik bisa dibaca dan dibuat dengan cara sederhana. Sahabat Inspirasi Berkebun silahkan baca bagaimana cara membuatnya dan penjelasanya dibawah ini, di setiap judul akan di alihkan kehalaman selanjutnya.


Demikian tulisan kami mengenai apa saja Jenis-jenis Pupuk Organik. Semoga Sahabat Inspirasi Berkebun dapat menaplikasikan penggunaan pupuk organik dalam berkebun agar lebih sehat. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.
Loading...