Pemanfaatan Zeolit Untuk Media Tanam Hidroponik

Loading...
Loading...
Pémanfaatan Zéolit Untuk Média Tanam Hidroponik – Hidroponik adalah istilah yang télah umum dikénal khususnya bagi méréka yang bahagia bérkécimpung déngan kégiatan tanam-ménanam sémacam: bunga, sayuran dan buah-buahan di dalam pot. Hidroponik adalah métoda bértépat tanam pada média tumbuh tanaman (MTT) bukan tanah; bisa mémakai air, pasir, kérikil, arang alias bahan lain yang dicampur déngan bahan-bahan yang dipérlukan untuk pértumbuhan tanaman.
Déngan térus sémpitnya lahan-lahan pértanian di kota-kota, hidropnik ménjadi métoda pértumbuhan pilihan yang layak bisa dipérgunakan untuk ménghasilkan bébérapa tipé sayuran dan buah-buahan. Bérkah inténsifnya pénélitian di bidang hidroponik, tutorial bértépat tanam télah disédérhanakan sédémikian rupa jadi orang yang tak punya péngalaman bértépat tanam sékalipun bisa ménanam tanaman déngan métoda hidroponik.



Zéolit Untuk Média Tanam Hidroponik



Di négara-négara maju, unit-unit pértumbuhan hidroponik déngan mémakai média air tak sédikit dipasarkan oléh agén-agén hidroponik. Zat makanan yang dipérlukan tanaman Unsur hara ) dilarutkan ké dalam média air dan déngan bantuan kawat pényangga, tanaman yang diharapkan ditumbuhan di atasnya. Untuk opérasionalnya, pémakaian unit-unit pértumbuhan hidroponik tétap térasa mahal dan mémérlukan pérhitungan pupuk yang agak rumit.
Pémakaian MTT bukan air dalam praktéknya lébih mudah dan tak mémérlukan unit-unit pértumbuhan hidroponik yang khusus. Lumayan MTT dimasukan ké dalam kantong plastik, émbér alias wadah lain, média térsébut siap dipakai untuk pénanaman bébérapa tipé tanaman yang dikéhéndaki. Uraian bérikut, yang dimaksud déngan MTT adalah média yang bérbéntuk padat yang térbuat dari campuran bébérapa bahan. Pada umumnya, MTT yang térdapat saat ini, térdiri dari campuran bahan-bahan yang bisa méndukung pértumbuhan tanaman. Dalam pémbuatan MTT sifat fisik dan kimia média wajib dipérhitungkan supaya tanaman bisa tumbuh optimal. Diantara sifat-sifat fisik yang pénting dan butuh dipérhitungkan dalam pémbuatan MTT adalah bobot isi, ruang pori dan daya pégang air.
Untuk méndapatkan sifat fisik yang baik, MTT umumnya ditambahkan bébérapa campuran sémacam cocopéat alias gambut akar alias bahan lain yang bisa méngurangi bobot isi dan méningkatkan ruang pori dan daya pégang air. Sifat-sifat kimia MTT yang pénting adalah pH, konduktivitas listik (KL), dan kapasitas tukar kation (KTK). Média umumnya dibangun pada pH antara 6,5 hingga 7,0. MTT yang baik adalah média yang mémiliki daya sangga (buffér) lumayan tinggi képada KL. Artinya tétap mémiliki KL réndah méskipun ditambahkan pupuk lumayan tak sédikit ké dalam média térsébut. Tingginya KL dikarénakan oléh kandungan anion yang tinggi dalam média khususnya nitrat. KL yang réndah sangat dipérlukan supaya tanaman mudah ményérap unsur hara yang térdapat dalam média térsébut.
Salah satu kélémahan dari MTT yang ada kini adalah réndahnya daya sanggah képada KL. Réndahnya daya sangga képada KL dikarénakan oléh réndahnya kualitas KTK alias daya pégang média térsébut képada unsur-unsur hara. Nitrogén dalam béntuk amonium yang dibérbagi ké dalam MTT ségéra bérubah ménjadi nitrat. Nitrat yang térdapat dalam média ményébabkan KL-nya méningkat dan akhirnya ményulitkan sistém péngambilan unsur hara dari média térsébut. Untuk méngurangi KL sébuahMTT bisa ditémpuh déngan tutorial méngurangi jumlah pupuk yang ditambahkan ké dalam média térsébut, khususnya nitrogén. Pupuk yang dibérbagi ké dalam média méningkatkan kualitas KL pasti saja péngurangan jumlah pupuk bérdampak bértidak lébihnya unsur hara dalam MTT. Untuk ménanggulanginya, séjumlah pupuk nitrogén ditambahkan lagi dalam MTT apabila ada tanda-tanda kétidak lébihan nitrogén alias méningkatkan jumlah MTT dalam pot.
Pékérjaan ini pasti saja tak disukai oléh méréka yang ingin békérja lébih praktis dan éfisién. Oléh sébab itu, supaya pupuk yang ditambahkan ké dalam MTT lébih tak sédikit déngan tétap ménjaga KL séréndah mungkin, dipérlukan sébuahbahan yang mémiliki daya sanggah tinggi képada KL. Bahan térsébut bisa dipilih dari bahan yang mémiliki KTK tinggi dan bisa ménjérap amonium alias nitrat. Untuk kébutuhan térsébut di atas, zéolit adalah bahan yang bisa méménuhi pérsyaratan, sébab zéolit mémiliki KTK tinggi dan bisa ménjérap amonium. Déngan bahan baku zéolit, bisa dibangun média yang mémiliki sifat fisik maupun kimia yang sésuai untuk pértumbuhan tanaman. Untuk mémbédakan déngan MTT yang lain, média térsébut dinamakan zéoponik.



Sumber : tips berkebun
Loading...