Membuat media tanam sayuran dalam polybag

Loading...
Loading...
Média tanam mérupakan salah satu faktor pénting yang sangat ménéntukan dalam kégiatan bércocok tanam. Média tanam akan ménéntukan baik buruknya pértumbuhan tanaman yang pada akhirnya mémpéngaruhi hasil produksi. Jénis-jénis média tanam sangat banyak dan béragam. Apalagi déngan bérkémbangnya bérbagai métodé bércocok tanam, sépérti hidroponik dan aéroponik.
Sétiap jénis tanaman mémbutuhkan sifat dan karaktéristik média tanam yang bérbéda. Misalnya, tanaman buah mémbutuhkan karaktér média tanam yang bérbéda déngan tanaman sayuran. Tanaman buah mémérlukan média tanam yang solid agar bisa ménopang pértumbuhan tanaman yang rélatif lébih bésar, séméntara jénis tanaman sayuran daun lébih mémérlukan média tanam yang gémbur dan mudah ditémbus akar.




Nah, kali ini kami akan mémbahas média tanam yang biasa digunakan untuk budidaya sayuran organik dalam polybag ataupun pot. Bahan-bahan yang digunakan mérupakan bahan yang banyak térsédia di alam dan bisa dikérjakan séndiri. Cara yang akan kami uraikan cocok digunakan untuk budidaya tanaman organik karéna tidak ménggunakan tambahan pupuk kimia, péstisida, hérbisida, dan obat-obatan lainnya.
Syarat média tanam yang baik
Média tanam mémiliki fungsi untuk ménopang tanaman, mémbérikan nutrisi dan ményédiakan témpat bagi akar tanaman untuk tumbuh dan bérkémbang. Léwat média tanam tumbuh-tumbuhan méndapatkan sébagian bésar nutrisinya. Untuk budidaya tanaman dalam wadah pot atau polybag, média tanam dibuat sébagai péngganti tanah. Oléh karéna itu, harus bisa ménggantikan fungsi tanah bagi tanaman.
Média tanam yang baik harus mémiliki sifat-sifat fisik, kimia dan biologi yang sésuai déngan kébutuhan tanaman. Sécara umum, média tanam yang baik harus mémiliki syarat-syarat sébagai bérikut:
Mampu ményédiakan ruang tumbuh bagi akar tanaman, sékaligus juga sanggup ménopang tanaman. Artinya, média tanam harus gémbur séhingga akar tanaman bisa tumbuh baik dan sémpurna, akan tétapi masih cukup solid mémégang akar dan ménopang batang agar tidak roboh. Apabila média térlalu gémbur, pértumbuhan akar akan léluasa namun tanaman akan térlalu mudah tércérabut. Sébaliknya apabila térlalu padat, akar akan késulitan untuk tumbuh.
Mémiliki porositas yang baik, artinya bisa ményimpan air sékaligus juga mémpunyai drainasé (kémampuan méngalirkan air) dan aérasi (kémampuan méngalirkan oksigén) yang baik. Média tanam harus bisa mémpértahankan kélémbaban tanah namun harus bisa mémbuang kélébihan air. Média tanam yang porous mémpunyai rongga kosong antar matérialnya. Média térsébut térsébut isa ditémbus air, séhingga air tidak térgénang dalam pot atau polybag. Namun disisi lain ronga-rongga térsébut harus bisa ményérap air (higroskopis) untuk disimpan sébagai cadangan dan mémpértahankan kélémbaban.
Ményédiakan unsur hara yang cukup baik makro maupun mikro. Unsur hara sangat pénting bagi pértumbuhan tanaman. Unsur hara ini bisa disédiakan dari pupuk atau aktivitas mikroorganismé yang térdapat dalam média tanam.
Tidak méngandung bibit pényakit, média tanam harus bérsih dari hama dan pényakit. Hama dan pényakit yang térkandung dalam média tanam dapat ményérang tanaman dan ményébabkan kématian pada tanaman. Média tanam tidak harus stéril karéna banyak mikrooganismé tanah yang sébénarnya sangat bérmanfaat bagi tanaman, namun harus higiénis dari bibit pényakit.
Média tanam organik untuk sayuran dalam polybag
Bahan-bahan média tanam organik
Ada banyak ragam matérial yang bisa dimanfaatkan untuk mémbuat média tanam mulai dari yang alami hingga yang sintétis. Namun dalam késémpatan kali ini kami hanya akan mémbatasi pada bébérapa bahan organik yang banyak térsédia di alam, murah dan gampang pémbuatannya.
a. Tanah (bahan utama)
Tanah yang baik untuk média tanam sébaiknya diambil dari lapisan bagian (top soil). Sécara umum térdapat dua tipé tanah yaitu yang harus dipérhatikan yakni tanah pasir dan tanah lémpung. Tanah yang bérpasir mémiliki kémampuan drainasé yang baik, cépat méngalirkan air namun kélémahannya tanah térsébut buruk dalam ményimpan air sébagai cadangan. Sédangkan tanah lémpung lébih sulit ditémbus oléh air séhingga akan mémbuat air térgénang dalam média tanam. Tanah yang baik untuk média tanaman tidak térlalu bérpasir dan tidak térlalu lémpung, mélainkan harus gémbur.
b. Kompos atau humus
Kompos mérupakan bahan organik yang bérfungsi sébagai pényédia unsur hara bagi tanaman. Kompos yang digunakan untuk média tanam adalah kompos padat, silahkan baca jénis dan karaktéristik pupuk kompos. Hampir sémua jénis kompos padat bisa digunakan sébagai bahan baku média tanam.
Pénambahan bahan-bahan organik sépérti kompos atau humus pada média tanam bisa mémpérbaiki struktur fisik tanah dan méningkatkan kapasitas tukar kation. Kompos yang ditambahkan sébaiknya bérupa kompos yang télah matang. Kompos yang bélum matang bérpoténsi méndatangkan hama dan pényakit. Sélain itu unsur haranya sulit disérap tanaman karéna bélum térurai sécara pénuh.


Sélain kompos, bisa juga mémanfaatkan humus yang didapatkan dari hutan. Tanah humus mémiliki kandungan unsur hara yang tinggi. Bila lokasi anda dékat déngan hutan, tanah humus bisa dicari déngan mudah. Témpat-témpat térbaik adalah disékitar tanaman pakis-pakisan.
Unsur bahan organik lain juga bisa digunakan sébagai péngganti kompos atau humus sépérti pupuk kandang atau pupuk hijau. Hanya saja pérlu digarisbawahi, sébaiknya gunakan pupuk kandang atau hijau yang télah matang bénar dan téksturnya sudah bérbéntuk granul sépérti tanah. Pénggunaan pupuk kandang yang bélum matang bérésiko mémbawa hama dan panyakit pada tanaman.
c. Arang sékam atau sabut kélapa
Arang sékam mérupakan hasil pémbakaran tak sémpurna dari sékam padi. Arang sékam bérguna untuk méningkatkan kapasitas porositas tanah. Pénambahan arang sékam pada média tanam akan mémpérbaiki struktur média tanam karéna mémpunyai partikél-partikél yang bérpéngaruh pada pérgérakan air, udara dan ménjaga kélémbaban.
Manfaat arang sékam adalah bisa ménétralisir kéasaman tanah, ménétralisir racun, méningkatkan daya ikat tanah térhadap air, mérangsang pértumbuhan mikroba yang ménguntungkan bagi tanaman, ménjadikan tanah gémbur séhingga mémpérbaiki drainasé dan aérasi tanah. Arang sékam lébih baik dibanding sékam padi, karéna arang sékam sudah méngalami pémbakaran yang bisa ménghilangkan bibit pényakit atau hama yang mungkin saja térikut.
Sélain arang sékam, bisa juga digunakan sisa-sisa sabut kélapa (coco péat). Sabut kélapa mémpunyai sifat sépérti arang sékam. Média tanam sabut kélapa cocok digunakan di daérah yang kéring déngan curah hujan réndah. Sabut diambil dari bagian kulit kélapa yang sudah tua.
Cara mémbuat média tanam organik
Bérikut ini cara-cara mémbuat média tanam polybag atau pot déngan ménggunakan bahan baku yang télah ditérangkan di atas. Untuk mémbuat média tanam yang baik dipérlukan unsur tanah, bahan péngikat atau pényimpan air dan pényédia unsur hara. Bahan baku yang akan digunakan dalam tutorial bérikut adalah tanah top soil, kompos dan arang sékam. Bérikut langkah-langkahnya:
Siapkan tanah yang térlihat gémbur dan subur, lébih baik diambil dari bagian paling atas. Kémudian ayak tanah térsébut hingga ménjadi butiran-butiran halus. Usahakan tanah dalam kéadaan kéring séhingga tidak ménggumpal. Tanah yang ménggumpal akan ményébabkan bahan-bahan tidak tércampur déngan mérata.
Siapkan kompos yang télah matang, bisa dari jénis kompos biasa, bokashi atau kompos takakura. Ayak kompos atau humus térsébut séhingga ménjadi butiran halus.
Siapkan arang sékam, silahkan baca cara mémbuat arang sékam.
Campurkan tanah, kompos, dan arang sékam dalam sébuah wadah. Komposisi campuran adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sékam (2:1:1). Aduk hingga mérata.
Siapkan pot atau polybag, masukkan campuran térsébut kédalamnya. Média tanam sudah siap digunakan.
Sékadar catatan, kétiga bahan baku térsébut bisa juga dicampur déngan komposisi 1:1:1 atau 2:1:1. Mana yang térbaik bagi Anda, téntunya térgantung dari jénis tanaman dan kétérsédiaan sumbér daya. Méngénai hasil, bébérapa pénélitian ménunjukkan hal yang bérbéda. Lébih baik méncobanya sécara try and érror.
Média tanam sangat bérguna apabila kita ingin ménanam sayuran dalam polybag atau pot. Métodé sépérti ini cocok ditérapkan di lahan yang térbatas atau lahan sémpit. Bérikut ini contoh pénérapan budidaya sayuran dalam polybag.



Sumber : alamtani
Loading...