Panduan Budidaya Tanaman Nangka di Kebun Sendiri

Loading...
Loading...
Buah nangka mérupakan salah satu buah yang méngéluarkan aroma nikmat, pastinya tak kalah déngan buah durian. Kébanyakan diantara masyarakat yang ményukai buah ini adalah karéna kurang ményukai bau ményéngat yang dibérikan oléh buah durian séhingga nangka dijadikan sébagai pilihan méréka.




Sélain bisa dimakan sécara langsung nyatanya ada cukup banyak olahan yang bisa dibuat dari buah yang satu ini baik itu anéka kué maupun jajanan yang lainnya. méskipun cukup banyak yang mémiliki pohonnya, namun untuk bisa ménghasilkan buah hanya pada musim-musim térténtu saja, déngan harga di pasaran yang juga cukup mahal.

Buah nangka séndiri mérupakan buah asli dari négara déngan iklim tropis, Indonésia salah satunya dimana anda bisa ménémukan tanaman ini di sémua daérah. Nangka dibédakan atas bébérapa jénis, diantaranya adalah nangka bubur, salah dan juga cémpédak, mémiliki tingkat kémanisan dan juga kétébalan daging buah yang bérbéda. Sémua bagian dari buah ini bisa dimanfaatkan baik itu biji maupun daunnya, bagi anda yang tértarik untuk mélakukan budidaya bérikut ini ada bébérapa kiat yang bisa dilakukan, yaitu:



Pémbibitan, tahapan yang satu ini bisa anda péroléh déngan méncangkok atau déngan ményémai séndiri, prosés pényémaian cukup mudah namun akan mémakan waktu yang lébih lama, bérbéda déngan péncangkokan yang bisa déngan mudah ménghasilkan buah yang mémiliki kualitas sama déngan induknya, baik itu dari ségi rasa maupun usia.
Prosés pénanaman, sétélah dirasa méndapatkan bibit yang tépat maka prosés sélanjutnya yang bisa anda lakukan adalah déngan ménanam, pénanaman ini bisa dilakukan déngan mémpértimbangkan bérbagai aspék, mulai dari kondisi tanah dan juga irigasi agar tanaman ini juga méndapatkan nutrisi yang tépat. Jika anda ingin mémbudidayakan dalam jumlah yang bésar maka usahakan untuk mémiliki lahan yang luas karéna pohon nangka akan tumbuh bésar dan mémbutuhkan aréa yang cukup antara satu bagian déngan bagian yang lainnya.
Pérawatan, prosés pérawatan pohon nangka tak jauh bérbéda déngan mangga maupun yang lainnya, anda hanya pérlu méngatur air yang dibutuhkan, pada saat musim hujan mungkin tak pérlu mélakukan pényiraman, namun untuk musim kémarau inténsitas air yang dipérlukan térgolong bésar.
Pérawatan dari hama dan pényakit, umumnya pohon nangka mudah sékali térjangkiti gulma dan juga ulat bulu, séhingga prosés péngobatan juga harus anda lakukan sécara bérkala.
Panén, mémbutuhkan waktu yang cukup lama dan bértahun-tahun hingga nantinya nangka akan bérbuah dan panén, ditandai déngan wangi yang sudah cukup ményéngat maka anda sudah bisa mémanénnya.
Cukup mudah namun dipérlukan késabaran ékstra, méngingat buah nangka mémiliki jangka waktu yang panjang untuk tumbuh hingga akhirnya akan ménghasilkan buah.


Sumber :  jokowarino
Loading...