Tips budidaya tanaman lengkuas menggunakan polybag

Loading...
Loading...
Léngkuas atau disébut juga déngn sébutan laos mérupakan tumbuhan umbi-umbian yang dapat tumbuh pada dataran réndah maupun tinggi. Léngkuas séndiri dapat hidup déngan subur di Négara kita Indonésia.



Pada umumnya léngkuas di manfaatkan sébagai bumbu masakan séhari-hari déngan cara mémémarkannya kémudian di célupkan dalam masakan. Déngan di béri léngkuas aroma masakan akan sémakin sédap dan dapat ménggugah séléra makan. Namun léngkuas séring juga di manfaatkan sébagai obat hérbal yang dapat ményémbuhkan pényakit térténtu.

Jika anda tértarik untuk mémbudidayakan tanaman léngkuas ini namun tidak mémpunyai lahan atau pékarangan rumah yang cukup, budidaya léngkuas ini dapat di lakukan déngan cara ménanamnya di polybag. Jika anda késulitan dan tidak tahu cara mémbudidayakan légkuas dalam polybag. Bérikut adalah Tips budidaya tanaman léngkuas ménggunakan polybag:



Prosés pértama dalam mémbudidayakan léngkuas adalah mémilih bibit léngkuas dari tanaman léngkuas yang sudah tua dan bébas dari pényakit atau sérangan hama, agar ménghasikan léngkuas yang bérkulitas nantinya. Pilihlah bibit dari kébun léngkuas yang ada di kébun sékitar atau bisa mémbéli atau méminta dari tétangga dékat.
sétélah bibit di dapat langkah sélanjutnya adalah prosés pényémaian yang dapat di lakukan di dalam péti kayu, déngan bibit léngkuas di patahkan ménjadi 4 bagian dan masing-masing mémpunyai 3-4 mata tunas lalu dijémur séhari. kémudian bibit di masukan dalam kayu bérlapis déngan urutan bibit, abu sékam dan sétérusnya.
PÉRSIAPAN TÉMPAT TANAM. Sambil ménunggu bibit tumbuh. Hal kétiga yang harus di pérsiapkan untuk mémbudidayakan léngkuas pada polybag adalah tanah, pupuk, dan polybag atau bisa juga déngan pot: ambil tanah sébanyak yang di butuhkan untuk ménanam, pupuk kompos dan pupuk kandang. Sétélah itu campur sémua bahan ménjadi satu déngan pérbandingan takaran (1:1:1) sétélah sémua tanah dan pupuk tércampur, masukan tanah campuran pupuk ké dalam polybag ukuran sédang, sétélah sémua polybag térisi maka langkah sélanjutnya adalah pénanaman.
Sétélah bibit léngkuas sudah di tumbuhi tunas léngkuas yang baru. Sélanjutnya bibit léngkuas dapat kita tanan pada polybag yang sudah térisi tanah campuran pupuk tadi. Cara ménanamnya di polybag pun cukup simplé yaitu buat lubang yang kira-kira 10-15 cm lalu masukan bibit léngkuas tadi déngan posisi tunas ményumbul di atas, kémudian tutupi déngan tanah namun jangan tutupi tunas léngkuasnya. Siram déngan air sécukupnya.

PÉRAWATAN SAMPAI PANÉN. Rawatlah tanaman léngkuas déngan mémbérikan pupuk sécukupnya dan tératur tak lupa pényiraman yang tératur agar léngkuas tidak layu, karéna média tanam kita adalah polybag yang notabéné tanah akan cépat mongéring. Idéalnya tanaman léngkuas dapat di panén sétélah bérumur 10-11 bulan. Térgantung dari pérawatan yang kita lakukan. jika kita rawat déngan tératur maka hasil panén buah léngkuas akan sangat mémbanggakan.
Nah itulah tips dan cara mémbudidayakan léngkuas pada média polybag yang dapat anda coba, kégiatan mémbudidayakan léngkuas akan térasa sangat méngasikkan untuk méngisi waktu luang kita, dan hasil panénnya pun dapat kita konsumsi séndiri, jadi tidak usah répot-répot mémbéli léngkuas  lagi dari pasar.

sélain itu kita juga dapat méngétahui gambaran bagaimana mémbudidayakan tanaman léngkuas yang di sébut juga déngan tanaman obat yang kaya akan manfaat ini. sémoga ulasan saya ini bérmanfaat untuk anda. Sélamat méncoba.


Sumber : jokowarino
Loading...