Panduan Singkat Budidaya Cabe Rawit

Loading...
Loading...
Cabé rawit atau dalam bahasa latin Capsicum frutéscéns mérupakan salah satu tanaman yang sangat populér di séluruh pénjuru dunia térmasuk Indonésia. Tanaman ini sébénarnya bérasal dari Bénua Amérika kémudian ményébar ké bérbagai macam négara.



Tanaman tropis ini bisa tumbuh déngan baik di wilayah dataran réndah. Témpat yang paling baik untuk budidaya cabé rawit adalah témpat yang mémiliki kétinggian 0 sampai 500 métér di atas pérmukaan air laut. Namun tanaman ini juga bisa tumbuh di témpat yang mémiliki kétinggian hingga 100 mdpl.

Péluang usaha budidaya cabé rawit bisa dibilang cukup tinggi, méngingat pérmintaan pasar akan tanaman pédas ini tétap stabil dari tahun ké tahun. Konsumsi masyarakat Indonésia akan cabé juga sangat tinggi. Sampai-sampai Indonésia térkénal déngan masakannya yang sérba manis dan pédas.
Sélain itu cara untuk budidaya cabé rawit juga tidak sulit. Cabé rawit térkénal lébih tahan banting dibanding cabé bésar. Cabé rawit mémiliki daya tanah yang tinggi térhadap hama dan pényakit. Bérikut bébérapa hal yang pérlu dipérhatikan saat budidaya cabé rawit.

1. Pémilihan Bénih
Bénih cabé rawit saat ini sangat bérmacam-macam. Ada bénih cabé jénis hibrida yang mémiliki bérbagai macam kéunggulan dibanding déngan cabé lain. Namun jangan térpancing déngan iming-iming térsébut, karéna pémilihan bénih yang baik juga harus disésuaikan déngan kondisi tanah témpat pémbudidayaan.

Atau jika énggan mémbéli bénih, bisa juga mémanfaatkan cabé rawit yang sudah ada kémudian ményéléksinya untuk dijadikan bénih unggul. Biasanya bénih yang baik didapat dari cabé hasil panén ké émpat hingga ké énam. Bénih yang baik haruslah bérasal dari induk yang séhat dan térhindar dari hama.

Untuk séléksi bénih bisa dilakukan déngan péréndaman. Réndam biji cabé rawit ké dalam air bérsih, kémudian pilih biji yang ténggélam. Buang biji yang méngapung karéna kualitasnya réndah. Sétélah diséléksi kémudian jémur biji cabé sélama tingga hari hingga kéring sébélum ditanam.



2. Pényémaian Bénih
Untuk lahan yang mémiliki ukuran satu héktar, mémérlukan bénik kira-kira sébanyak 0,5 kilogram. Sébélum ditanam ké lahan asli témpat budidaya, bénih cabé rawit harus disémai térlébih dahulu. Pényémain bisa ménggunakan bantuan média polybag yang diisi campuran kompos bésérta tanah dan sékam.

Namun sébélum bénih disémai, usahakan untuk diréndam ké dalam air hangat térlébih dahulu sélama 6 jam. Tujuannya adalah untuk mérangsang pértumbuhan cabé agar lébih cépat.

3. Pénanaman
Pénanaman bibit cabé rawit bisa dilakukan déngan méncangkul tanah déngan kédalaman 40 cm. Jangan lupa buatkan bédéngan déngan lébar 100 sampai 110 cm. Tinggi bédéngan kira-kiran 30 sampai 40 cm. Untuk pénggunakan mulsa plastik pérak bisa diakali déngan manggantinya déngan mulsa jérami. Karéna sélain lébih murah juga ramah lingkungan. Namun pénggunaan mulsa jérami harus diawasi bétul-bétul karéna lébih rawan méndatangkan hama.

4. Pérawatan
Karéna cabé rawit mérupakan tanaman tropis, maka tidak térlalu banyak mémbutuhkan asupan air. Pényiraman bisa dilakukan hanya saat musim kémarau saja atau dua minggu sékali, untuk ménghindari kéringnya tanah yang ményébabkan cabé mati.

Pémbérian pupuk susulan bisa dilakukan saat cabé bérumur satu bulan. Dianjurkan untuk ménggunakan pupuk cair atau kompos. Sélain itu juga harus dilakukan pényiangan agar tanaman térhindar dari gulma.

5. Pémanénan
Cabai rawit bisa langsung dipanén sétélah bérumur dua séténgah sampai tiga bulan pasca ditanam. Umur cabé séndiri bisa méncapai 24 bulan déngan frékwénsi panén méncapai 15 sampai 18 kali.


Sumber : jokowarino
Loading...