Cara Budidaya Tanaman Rosela Dengan Mudah

Loading...
Loading...
Nama roséla mungkin sudah tidak asing lagi di télinga orang-orang Indonésia. Ya, tanaman yang mémiliki warna mérah ini kérap dijumpai di bérbagai daérah di séluruh Indonésia. Tanaman yang mémiliki nama lain frambozén ini biasanya digunakan sébagai bahan baku untuk mémbuat téh atau sirup.





Sélain untuk bahan baku téh dan sirup, roséla juga kérap digunakan sébagai campuran obat-obatan. Ya, kandungan zat yang kompléks pada tanaman roséla ménjadikannya sébagai salah satu tanaman hérbal yang kaya akan manfaat bagi késéhatan tubuh.

Pada umumnya tanaman roséla dapat tumbuh dan hidup di bérbagai macam jénis tahah dan suhu. Namun pérbédaan jénis tanah yang digunakan untuk ménanam roséla dan suhu dimana roséla tumbuh, akan mémpéngaruhi warna dan kualitas dari tanaman yang satu ini.

Roséla dapat tumbuh déngan baik di wilayah yang mémiliki kétinggan 10 sampai déngan 600 métér di atas pérmukaan air laut, déngan suhu 20 sampai déngan 34 dérajat célcius. Sélain itu roséla juga mérupakan tanaman sémusim yang hanya bisa digunakan sékali panén. Pértumbuhan batang pohon roséla bisa méncapai kétinggian 2 métér.

Tanaman yang satu ini banyak dipilih dan dibudidayakan karéna sélain profitnya yang tinggi, juga térbilang mudah. Ada bébérapa hal yang harus dipérhatikan saat ingin mémulai budidaya tanaman roséla. Simak ulasannya bérikut ini.

Pérsiapan
Hal pértama yang harus dipérsiapkan untuk mémulai budidaya tanaman roséla adalah lahan. Pérsiapan lahan dilakukan déngan cara mémbérsihkan lahan dari gulma, péngapuran agar dérajat kéasaman tanah séimbang, pénggémburan, pémbérian pupuk, sampai déngan pémbuatan bédéngan.



Sétélah tanah siap, sélanjutnya yang harus dilakukan adalah mémpérsiapkan bibit. Bibit tanaman roséla bisa didapat dari tumbuhan roséla yang sudah tumbuh déwasa. Namun bisa juga déngan mémbéli bibit roséla di agén-agén pértanian yang ménjual bibit. Cara térsébut bisa dibilang lébih mudah dan cépat.

Pénanaman
Sétélah lahan dan bibit siap, sélanjutnya bisa langsung dilakukan prosés pénanaman. Pénanaman dilakukan déngan cara mémbuat lubang tanah, dan mémasukkan 2 bénih sampai 3 bénih roséla pada sétiap lubangnya. Namun jika ménggunakan bénih jénis kécambah hanya mémérlukan 1 sampai 2 bibit saja untuk sétiap lubangnya.

Sétélah sémua bibit sélésain ditanam, langsung dapat dilanjutkan déngan tahap pémupukan awal. Pémupukan ini dilakukan untuk mémpércépat prosés pértumbuhan tanaman roséla.

Pérawatan
Pérawatan yang dapat dilakukan untuk ménjaga tanaman roséla agar tétap hidup dan tumbuh déngan baik adalah déngan mélakukan pényiraman rutin, pémupukan, sampai déngan pémbérantasan hama. Pémupukan dapat dilakukan saat sétélah tanaman bérusia 3 sampai 8 minggu déngan ménggunakan pupuk uréa. Dan saat sétélah tanaman bérusia 1 sampai 2 bulan dibérikan pupuk uréa dan NPK.


sumber : jokowarino
Loading...