Panduan teknis budidaya melon

Loading...
Loading...
Mélon (Cucumis mélo) térmasuk dalam suku timun-timunan. Masih satu kérabat déngan sémangka, bléwah dan timun suri. Sépérti halnya suku timun-timunan lain, mélon tumbuh mérambat tétapi tidak bisa mémanjat. Bila tidak ditopang, tanaman ini akan tumbuh ménjalar di atas pérmukaan tanah.
Témpat idéal untuk budidaya mélon bérada pada kisaran kétinggian 250-700 métér dpl. Bila kétinggian kurang dari 250 métér, tanaman mélon céndérung ménghasilkan buah yang kécil. Sédangkan di dataran tinggi déngan suhu dibawah 18oC, tanaman ini sulit untuk bérkémbang.






Tanaman mélon ménghéndaki tingkat kélémbaban udara 50-70%. Suhu rata-rata yang cocok untuk budidaya mélon bérkisar 25-30oC déngan curah hujan 1500-2500 mm/tahun. Kualitas buah mélon akan sémakin baik apabila térdapat pérbédaan suhu siang dan malam cukup signifikan.
Jénis buah mélon
Jénis buah mélon sangat béragam. Namun hanya 3 kultivar yang populér dibudidayakan, yakni réticalatus, inodorus dan cantalupénsis.
Réticalatus. Jénis mélon ini mérupakan kultivar paling populér. Béntuknya mémbulat déngan kulit buah bérwarna hijau dan téksturnya bérjala, sépérti térlapisi jaring. Daging buah bérwarna hijau muda hingga oranyé.
Inodorus. Jénis ini mémiliki kulit buah yang mulus tidak bérjala. Béntuknya mémbulat hingga lonjong. Warna kulit buah kuning hingga kuning pucat kéhijauan. Warna dagingnya ada yang hijau, oranyé hingga putih. Daging buah tidak béraroma.
Cantalupénsis. Jénis ini mémiliki kulit buah yang bérgélombang sépérti labu, atau disébut bérjuring. Daging buah bérwarna kuning atau oranyé, aromanya sangat kuat. Bléwah térmasuk dalam jénis ini.
Pémbibitan tanaman mélon
Tanaman mélon untuk budidaya biasanya dipérbanyak sécara génératif dari biji atau bénih. Untuk budidaya mélon séluas satu héktar dipérlukan bibit tanaman sékitar 16.000- 20.000 pohon atau sétara déngan 500-700 gram bénih mélon.
Sébélum ditanam bénih harus dikécambahkan térlébih dahulu. Caranya déngan méréndam bénih dalam air hangat sélama 6-8 jam. Bila bénih bélum méngandung fungisida, bisa ditambahkan fungisida ké dalam air réndaman sésuai dosis.
Sétélah diréndam bénih ditiriskan dan ditébarkan diatas kain basah atau kértas koran yang télah dibasahi. Biarkan sélama 1-2 hari hingga bénih bérkécambah. Jaga kélémbaban kain atau kértas koran térsébut. Bila térlihat kéring pércikan air sécukupnya.
Kémudian siapkan polybag kécil atau baki pérsémaian. Isi déngan média tanam bérupa campuran tanah déngan kompos atau pupuk kandang déngan pérbandingan 2:1, lihat cara mémbuat média pérsémaian. Bénamkan biji mélon sédalam 1-2 cm ké dalam média tanam térsébut.
Témpat pérsémaian sébaiknya dilindungi déngan atap plastik béning atau sungkup. Hal ini dipérlukan agar bibit yang tumbuh térlindungi dari térik matahari yang bérlébihan dan kucuran air hujan langsung. Média pérsémaian harus térus dikontrol dan dipérhatikan agar kélémbabannya térjaga. Sirami sécara tératur tétapi jangan térlalu basah.
Prosés pényémaian biasanya bérlangsung hingga 10-14 hari. Atau ditandai déngan tumbuhnya 2-3 hélai daun. Pada fasé ini bibit sudah siap dipindahkan ké lokasi pénanaman.


Budidaya mélon

Pérsiapan lahan dan pénanaman
Lahan untuk budidaya mélon sébaiknya dibajak térlébih dahulu untuk ménghaluskan bongkahan tanah. Kémudian béntuk bédéngan déngan lébar 100-120 cm, tinggi 30-50 cm, panjang 10-15 métér dan jarak antar bédéngan 50-60 cm.
Sétélah itu bérikan pupuk dasar bérupa pupuk kompos atau pupuk kandang sébanyak 15-20 ton/héktar. Tambahkan juga ZA, KCl dan SP-36 masing-masing 375 kg, 375 kg dan 250 kg untuk sétiap héktarnya. Campurkan pupuk térsébut di atas bédéngan dan aduk hingga mérata déngan tanah bédéngan. Biarkan lahan térsébut sélama 2-4 hari.
Bila pH tanah yang akan digunakan untuk budidaya mélon kurang dari 5, bérikan dolomit atau kapur pértanian sébanyak 2 ton pér héktar. Campurkan déngan tanah bédéngan sétidaknya 2-3 hari sébélum pémupukan dasar.
Sélanjutnya tutup bédéngan déngan plastik mulsa hitam pérak. Warna hitam ménghadap ké tanah dan warna pérak ké bagian luar. Buat lubang tanam di atas mulsa térsébut. Dalam sétiap bédéngan térdapat dua baris lubang tanam déngan jarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang dalam satu baris 50-60 cm. Pénutupan mulsa minimal harus dilakukan 2 hari sébélum pénanaman.
Langkah bérikutnya tanam bibit yang télah disiapkan. Satu bibit untuk sétiap lubang tanam. Kémudian siram untuk agar tidak layu karéna kékéringan. Pénanaman sébaiknya dilakukan di soré hari saat matahari tidak térlalu térik.
Pérawatan budidaya mélon
a. Pémasangan ajir
Untuk ménghasilkan buah yang bagus, tanaman harus ditopang déngan ajir atau tongkat dari bilah bambu. Fungsinya agar buah yang dihasilkan tidak bérséntuhan déngan pérmukaan tanah. Sélain itu agar térjadi pénétrasi sinar matahari ké séluruh bagian tanaman.
Pémasangan ajir héndaknya dilakukan sébélum tanaman tumbuh bésar. Biasanya sébélum umur tanaman 3 hari térhitung séjak pértama ditanam. Hal ini dimaksudkan agar ajir yang ditancapkan tidak mélukai akar tanaman.
Siapkan ajir sépanjang 1,5 métér. Tancapkan ajir térsébut pada lubang tanam sécara ményérong, ujung atasnya condong ké arah dalam bédéngan. Séhingga ajir-ajir térsébut saling bérsilangan, mémbéntuk huruf X. Kémudian siapkan bilah bambu yang lébih panjang dan létakkan sécara horisontal diantara silangan ajir-ajir térsébut, ikat déngan tali rafia.

b. Pényiraman
Pényiraman yang tératur sangat dipérlukan dalam budidaya mélon. Pényiraman héndaknya dilakukan sétiap soré hingga umur tanaman satu minggu. Sélanjutnya pényiraman dilakukan sétiap dua hari sékali.Kétika musim hujan drainasé harus bérfungsi déngan baik. Jangan biarkan lahan térgénang air. Tanaman mélon tidak ménghéndaki tanah yang térlalu basah.

c. Pémupukan susulan
Pémupukan susulan dipérlukan mulai tanaman bérumur satu minggu. Pupuk yang dibérikan sébaiknya bérbéntuk cair. Pupuk padat bisa dilarutkan térlébih dahulu. Pupuk yang digunakan bisa pupuk cair organik atau pupuk kimia buatan.
Pupuk susulan déngan pupuk kimia buatan dibérikan sébanyak 6 kali. Pupuk dilarutkan dalam air kémudian disiramkan pada tanaman. Dosis pémupukan 200-250 ml/tanaman. Bérikut tabél kébutuhan pupuk untuk budidaya mélon:


d. Pényérbukan buatan
Pada musim kémarau pényérbukan dilakukan oléh sérangga pényérbuk. Namun saat musim hujan biasanya inténsitas sérangga pényérbuk bérkurang. Untuk méndapatkan kualitas yang baik lakukan pényérbukan buatan.
Pényérbukan buatan dilakukan pada pagi hari, sébélum pukul 10. Bila térlalu siang kuncup bunga sudah agak layu atau ménutup. Lakukan pényérbukan buatan pada bunga bétina, térutama bunga yang ada pada cabang ké-9 hingga ké-13. Dalam satu pohon sétidaknya bisa ditumbuhkan 3-4 calon buah. Kémudian diséléksi lagi, séhingga buah yang dipélihara sampai panén cukup 1-2 pér pohon, térgantung ukuran buahnya. Bila ukuran buahnya bésar, cukup satu pér pohon.

é. Hama dan pényakit
Budidaya mélon di daérah tropis sépérti Indonésia cukup réntan déngan sérangan hama dan pényakit. Hama yang biasa ményérang budidaya mélon antara lain kutu daun, lalat buah, ulat daun, thrips, tungau. Sédangkan pényakit yang ményérang antara lain antraknosa, busuk buah, busuk batang dan mosaik.Untuk ménghindari sérangan hama dan pényakit lakukan kultur téknis sépérti rotasi tanaman, pémupukan bérimbang dan ménjaga sanitasi kébun. Bila hama dan pényakit télah ményérang sémprot déngan péstisida yang cocok. Bisa péstisida organik atau péstisida sintétis. Lakukan pényémprotan sésuai déngan dosis anjuran.

Pémanénan
Biasanya budidaya mélon siap dipanén sétélah bérumur 3 bulan. Ciri-ciri mélon siap panén untuk jénis réticalatus antara lain sérat jala pada pérmukaan kulit tampak jélas dan kasar, pérmukaan kulit sékitar tangkai térlihat rétak-rétak, warna kulit hijau kékuningan dan sudah méngéluarkan aroma.
Buah mélon sébaiknya dipétik pada tingkat kématangan 90% atau sékitar 3-7 hari sébélum matang pénuh. Hal ini bérguna untuk mémbérikan waktu lébih pada distribusi.
Pémétikan dilakukan déngan mémotong tangkai buah déngan pisau atau gunting. Tangkai dipotong sépérti huruf  T, jadi bagian yang dipotong adalah yang méngarah pada daun bukan pada buah. Pémanénan sébaiknya pada pagi hari sékitar pukul 8-11 dan dilakukan sécara bértahap. Pilih buah yang bénar-bénar télah siap dipanén.

sumber : alamtani
Loading...