Sekilas tentang budidaya lidah buaya

Loading...
Loading...
Sékilas téntang budidaya lidah buaya – Lidah buaya mérupakan tanaman yang mémiliki banyak manfaat. Budidaya untuk tanaman lidah buaya ini juga télah lama dilakukan séjak bébérapa tahun yang lalu. Hal ini dikarénakan pérmintaan pasar akan lidah buaya tidak pérnah ménurun, térutama untuk ékspor lidah buaya ké négara jépang. Jépang mérupakan négara térbésar yang ménjadi konsumén lidah buaya. Kébutuhan lidah buaya untuk négara ini sékitar 20 kountainér atau sékitar 300 ton pér bulan. Untuk méménuhi kébutuhan ini jépang dipasok oléh négara Brazil dan Thailand.



Mélihat akan kébutuhan dari pasar ékspor yang bégitu bésar, tidak ménghérankan apabila banyak orang yang tértarik untuk ikut térjun dalam budidaya tanaman lidah buaya. Sélain itu di Indonésia séndiri masih banyak méngimpor hasil olahan dari lidah buaya dalam béntuk sabun, sampo, powdér sérta olahan olahan lain. Hal ini mérupakan prospék yang ménjanjikan, térutama apabila anda dapat ikut andil dalam bisnis ini, téntunya bayangan akan hasil yang ménggiurkan akan nampak jélas di dépan mata. Namun sébélum anda mélakukan budidaya tanaman lidah buaya anda juga harus mémahami faktor faktor yang bérkaitan déngan budidaya lidah buaya ini.

Budidaya lidah buaya tidak térlalu sulit sépérti yang sébagian orang bayangkan, hal ini dikarénakan lidah buaya mérupakan tanaman yang tumbuh déngan baik di daérah tropis sépérti di Indonésia. Ada 3 jénis dari tanaman lidah buaya ini, kétiganya mémiliki nilai komérsil yang tinggi yaitu alooé sinésis dari asia, aloé barbandésis dari amérika, dan aloé férox dari afrika. Aloé barbandésis mérupakan jénis yang térbaik untuk dibudidayakan karéna mémiliki kétahanan akan hama dan pényakit yang lébih baik, ukurannya juga lébih bésar dan lébih panjang.

DIAGRAM ALIR BUDIDAYA TANAMAN LIDAH BUAYA

CARA BUDIDAYA TANAMAN LIDAH BUAYA



Cara untuk mémbudidayakan lidah buaya harus mémpérhatikan bébérapa faktor yang bérpéngaruh akan pértumbuhan dari lidah buaya. Langkah langkah yang dipérlukan dalam prosés budidaya dinilai sangat pénting dalam tujuannya untuk mémpéroléh hasil sésuai déngan targét.

Untuk mélakukan budidaya sébaiknya anda mémnyiapkan lahan untuk média tanam térlébih dahulu, lahan yang disiapkan lébih baik dibajak térlébih dahulu atau bisa digémburkan dulu. Tujuannya adalah untuk ménggémburkan tanah agar siap untuk ditanami. Sétélah itu buatlah saluran drainasé dan bédéngan. Bédéngan ini dibuat déngan ukuran 1 x 2 métér dan tinggi 30 – 40 cm déngan panjang yang disésuaikan déngan lahan.

Sétélah itu budidaya tanaman lidah buaya dimulai déngan mélakukan pémbibitan, pémbibitan ini dilakukan déngan cara végétatif, bibit ini diambil dari tanaman induk yang bérupa anakan déngan cara méncongkél sérta diusahakan agar akar tidak sampai putus. Bibit anakan ini ditanam di dalam polybag sélama 3 – 5 bulan.

Sétélah masa pémbibitan lidah buaya dapat ditanam pada média tanah. Bibit lidah buaya biasa ditanam pada lubang déngan kédalaman kurang lébih 10 cm. Usahakan pada saat pénanaman lidah buaya tidak térlalu bérhimpitan agar tidak mématahkan daunnya.

Untuk péméliharaan lidah buaya biasanya dilakukan déngan cara mémbérikan pupuk kandang yang sudah matang sébanyak 2 – 5 kg pada waktu 1 – 2 minggu sébélum ditanam. Kémudian sétélah ditanam dapat digantikan déngan pémbérian pupuk Urés.

Lidah buaya dapat dipanén sétélah bérusia 8 – 12 bulan sétélah masa tanamnya, sétélah itu panén dapat dilakukan sétiap bulan. Sétélah panén lidah buaya dibawa untuk disortir dan dibungkus. Kémudian siap untuk dikirim


Sumber : jokowarini
Loading...