Bagaimana Budidaya Singkat Untuk Buah Pala

Loading...
Loading...
Bagaimana Budidaya Singkat Untuk Buah Pala – Pala mérupakan salah satu jénis tanaman yang tumbuh subur di wilayah Indonésia. Pala séndiri mérupakan jénis tanaman tropis yang dapat tumbuh subur di daérah yang mémiliki curah hujan tinggi. Tanaman pala dapat hidup déngan baik di wilayah yang mémiliki kétinggian nol sampai déngan 700 métér di atas pérmukaan air laut.



Sélain itu tanaman pala juga dapat hidup déngan baik di daérah yang bérsuhu 20 sampai déngan 30 dérajat célcius. Kélémbaban 50 sampai 80 pérsén, dan curah hujan 2.000 sampai 3.500 mm pér tahun juga sangat baik sébagai témpat untuk budidaya buah pala.

Buah pala dapat tumbuh subur di témpat-témpat yang méndapat sinar matahari sécara cukup. Sémua karaktéristik yang télah disébutkan tadi térpénuhi di wilayah dataran Indonésia. Tak héran pala bisa tumbuh déngan baik di Asia Ténggara utamanya Indonésia.

Tanah yang baik sébagai média tumbuh tanaman pala adalah jénis tanah yang gémbur déngan struktur mulai dari yang padat hingga yang bérpasir. Sélain itu tanah déngan tingkat késuburan tinggi sépérti tanah vulkanis juga sangat baik digunakan untuk témpat tumbuh buah pala.

Dérajat kéasaman tanah sébaiknya tidak kurang dari 5,5 dan tidak lébih dari 7. Sélain itu buah pala juga sangat péka térhadap génangan air. Sébaiknya jika mémang ingin méndapatkan hasil budidaya buah pala yang baik, harus dijaga agar pohon tidak térgénang air.

Bérikut cara atau téknik budidaya buah pala yang baik dan bénar yang bisa dicoba.

Pérsiapan Lahan
Sébélum ditanami buah pala, sébaiknya tanah diolah térlébih dahulu. Péngolahan sébaiknya dilakukan satu bulan sébélum pénanaman. Péngoalahan sébaiknya dilakukan pada musim kémarau déngan cara mémbérsihkan tanah dari tanaman péngganggu, pénggémburan tanah, sampai déngan pémbuatan lubang tanam.

Pérsiapan Bibit
Bibit buah pala yang digunakan untuk budidaya sébaiknya yang bérumur lébih dari satu tahun, dan tidak lébih dari dua tahun. Untuk tanah séluar 1 séktar déngan jarak tanam 9 x 9 métér dipérlukan sékitar 111 bibit buah pala. Sébélum bibit ditanam sébaiknya diadaptasikan déngan cara ménaruhnya di sékitar aréa tanam bibit.



Pénanaman
Pénanaman bibit pala sébaiknya dilakukan pada awal musim pénghujan. Tujuannya adalah agar kébutuhan air tércukupi déngan baik. Jarak tanam yang idéal untuk pénanaman bibit pala adalah 9 x 9 métér.

Péméliharaan
Sétalah bibit sélésai ditanam, sélanjutnya harus dilakukan pérawatan déngan cara pényiangan, pényulaman, péngairan, pémupukan, sampai déngan pénanaman tanaman séla. Pényangan dilakukan untuk mémbérantas gulma yang ménghambat pértumbuhan tanaman pala.

Péngairan bisa dilakukan déngan déngan cara mémbuat saluran péngairan yang térbuat dari pipa PVC. Péngairan sébaiknya dilakukan 1 sampai 2 kali dalam séhari, utamanya pada saat musim kémarau.

Pényulaman dilakukan untuk méngganti bibit-bibit yang mati dan ménggantinya déngan bibit baru. Pémupukan bisa dilakukan sécara bérkala déngan ménggunakan pupuk organik sépérti pupuk kandang atau kompos, dan pupuk buatan sépérti uréa dan TSP.

Sélain itu juga pérlu dilakukan pénanaman tumbuhan séla guna ménékan pértumbuhan gulma dan hama péngganggu tanaman pala. Tanaman séla bisa bérupa rumput yang dapat méncégah érosi tanah dan mémpérbaiki struktur tanah.

Sélain itu juga harus dilakukan pérawatan untuk méngatasi bérbagai hama yang ményérang. Ada bébérapa jénis hama yang biasa ményérang tanaman pala, diantaranya adalah rayap dan kumbang. Untuk mémbunuhnya bisa digunakan sémprotan péstisida ataupun inséktisida.


Sumber : jokowarino
Loading...