Cara Memanfaatkan Limbah Dapur Untuk Pupuk Organik

Loading...
Loading...
Penggunaan pupuk pada dasarnya merupakan bagian dari sejarah pertanian. Penggunaan pupuk diperkirakan telah dimulai sejak permulaan manusia mengenal bercocok tanam yaitu sekitar 50 abad yang lalu.

Pupuk organik merupakan pupuk yang tersusun dari meteri makhluk hidup seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, sisa-sisa hewan dan manusia. Sumber bahan pupuk organik bisa berupa kompos, pupuk kandang, jerami,limbah ternak dan lain sebagainya

Pupuk organik bisa berbentuk cair maupun padat. Pupuk organik digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Pupuk organik banyak mengadung bahan organik ketimbang kadar haranya.

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membahas bagaimana cara Memanfaatkan Limbah Dapur untuk Pupuk Organik. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun barang kali ada yang memiliki bahan-bahan sisa dapur silahkan dimanfaatkan untuk pupuk cair seperti dibawah ini.

Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun mempunyai sisa bekas kopi, susu dan teh jangan dibuang terlebih dahulu, karena sisa bekas dapur atau limbah dapur tersebut dapat digunakan untuk pupuk alami tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun. 

Hal itulah yang dilakukan oleh pemulia tanaman buah di Kabupaten Karawang. Limbah dapur diatas selain mempercepat pertumbuhan tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun, limbah dapur ini juga cukup berguna untuk merangsang pembungaan pada tanaman. 
Cara Memanfaatkan Limbah Dapur Untuk Pupuk Organik
Cara penggunaannya dengan mencampur satu sendok ampas teh dan ampas kopi atau beberapa milimeter sisa susu dengan satu liter air. Selain limbah dapur, berikan juga 15 mililiter minyak ikan dan setengah sendok teh vitamin tumbuhan (B1) yang dicampur dengan dua liter air. 

Siramkan larutan tersebut ke setiap tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun. Kedua zat ini banyak mengandung mineral dan unsur hara mikro. Penggunaanya diberikan satu bulan sekali saja. Dengan cara ini, tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun akan tumbuh lebih optimal.

Demikian tulisan sederhana kami mengenai bagaimana cara memanfaatkan limbah dapur untuk pupuk organik. Semoga tulisan kami dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam memberikan pupuk ke tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: GeniusEdukasiid Penulis Panduan Bertanam
Loading...