Cara Menanam Srikaya dalam Pot (Tabulampot Srikaya)

Loading...
Loading...
Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun menginginkan tanaman yang bisa berbuah sepanjang tahun, buah srikayalah jawabannya. Buah asal Amerika Tropis ini juga mempunyai banyak manfaat terutama untuk kecantikan. 

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara menanam srikaya dalam pot atau tabulampot srikaya. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan cara dan tahapan membuat tabulampot srikaya dibawah ini.
Cara Menanam Srikaya dalam Pot
Sifat-sifat Tanaman Srikaya
Tanaman srikaya merupakan perdu dengan tinggi sekitar 2 meter hingga 7 meter. Daun tanaman srikaya tunggal, berwarna hijau dan bertangkai pendek. Bunga srikaya juga tunggal. 

Pada umumnya, bunga akan muncul di ketiak daun dan ujung batang. Warna bunga hijau kekuningan. Sementara itu, buah srikaya semu, berwarna hijau dan bulat mengerucut. Permukaan buah srikaya benjol-benjol dengan biji berbentuk kepingan kecil berwarna hitam mengkilap.

Syarat Tumbuh Tanaman Srikaya
Tanaman srikaya senang tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian mencapai 1.000 m dpl. Tanaman srikaya juga menyukai iklim panas, yakni tidak terlalu dingin atau banyak hujan. Tanaman srikaya tumbuh baik di berbagai kondisi tanah dan bisa beradaptasi baik terhadap iklim panas dan iklim lembap.

Tipe Tanaman Srikaya
Pada saat ini ada beberapa jenis srikaya yang kini mulai dikembangkan seperti Srikaya lokal yakni srikaya gading dan srikaya lumut, srikaya bangkok cirinya biasanya biji lebih sedikit, daging lebih tebal dan rasa lebih manis daripada srikaya lokal dan srikaya Australia contohnya srikaya hibrida varietas seperti srikaya merah dan Pinks Mammoth.

Memilih Bibit Srikaya untuk Tabulampot
Pada saati ini bibit srikaya banyak dijual di penjual bibit tanaman buah dengan beragam variasi dan ukuran. Semakin besar tanaman srikaya, semakin mahal harganya. Kami sarankan usahakan, memilih bibit yang sudah berbunga supaya tanaman srikaya lebih cepat berbuah.

Memindahkan Bibit Srikaya ke Pot
Pertama Siapkan pot dengan diameter sekitar 40 cm dan campuran media tanam. Biasanya, campuran media tanam yang digunakan berupa tanah, serbuk gergaji dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 : 1 atau campuran tanah, humus bambu dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Kedua lapisi bagian dasar pot dengan pecahan bata merah, genting atau ijuk, kemudian masukkan media tanam sampai setengah dari ketinggian pot.

Ketiga buka lapisan polibag, kemudian masukkan bibit srikaya kedalam pot tepat di tengah-tengah media.

Keempat tambahkan campuran media kedalam pot sampai ketinggian 2 cm dari bibir pot serta padatkan media.

Terakhir siram media dengan menggunakan air, kemudian letakan bibit di tempat yang ternaungi selama 1 minggu.

Perawatan Harian Tabulampot Srikaya
Penyiraman
Pada saat musim kemarau, penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari. Sementara itu, pada saat musim penghujan, penyiraman hanya dilakukan ketika media tanam terlihat mengering.

Pemupukan
Pertama berikan pupuk NPK 15-15-15 dengan dosis 25 gram setiap setiap tiga bulan sekali per satu tanaman dan pupuk kandang dengan dosis 5 kg per satu tanaman setiap enam bulan sekali.

Kedua berikan pupuk hayati, boleh merek apa saja. Larutkan pupuk hayati dengan dosis satu tutup botol pupuk hayati kedalam satu ember air. Berikan pupuk hayati setiap dua minggu sekali.

Ketiga pada saat bakal bunga mulai muncul, berikan pupuk Amazing Grow dengan dosis 30 gram atau sekitar 2 sendok makan ditambah pupuk Amazing Grow MgO dengan dosis 15 gram atau sekitar 1 sendok makan yang dicampurkan kedalam 2 liter air. Berikan pupuk ini setiap 2 minggu sekali.

Keempat pada saat bunga muncul, berikan pupuk NPK 15-10-32 dengan dosis 25 gram per satu tanaman.

Terakhir pada saat buah pentil telah muncul, berikan Amazing Grow Blue dengan dosis 30 gram per satu liter air dan berikan setiap satu minggu sekali.
Cara Menanam Srikaya dalam Pot (Tabulampot Srikaya)
Pemangkasan
Tanaman srikaya juga membutuhkan pemangkasan untuk proses mempercepat tumbuhnya bunga dan buah. Berikut dibawah ini adalah cara pemangkasannya:

Pertama pangkas batang utama tanaman srikaya. Nantinya, dari satu batang utama akan menghasilkan beberapa cabang primer. Dari cabang primer yang tumbuh, pelihara tiga cabang saja untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman srikaya.

Kedua dari tiga cabang primer yang ada, lakukan pemangkasan sampai hanya menyisakan cabang sepanjang 50 cm hingga 70 cm. Dari pemangkasan cabang tersebut akan menghasilkan cabang sekunder.

Ketiga sama halnya dengan cabang primer, cabang sekunder yang tumbuh juga hanya dipelihara masing-masing tiga cabang saja. Berarti totalnya ada sembilan cabang. Cabang yang dipelihara tersebut setelah tumbuh maksimal dapat dipangkas juga supaya menghasilkan cabang tersier.

Terakhir dari cabang tersier yang ada, peliharalah sekitar 27 cabang. Dari cabang tersebutlah nantinya bunga bakal bermunculan dan kemudian disusul dengan buah yang tumbuh membesar.
Tabulampot Srikaya
Mempercepat Pembuahan Tabulampot Srikaya
Pertama pada saat tanaman srikaya telah berumur 1,5 tahun, pangkas 2 daun hingga 3 daun di ujung cabang dan sisakan tangkainya sepanjang 2 mm hingga 4 mm.

Kedua biasanya, setelah 6 hari hingga10 hari akan tumbuh tunas baru dari bekas pangkasan yang disusul bakal bunga srikaya. Petik ujung bunga pada saat masih kuncup supaya cepat merekah.

Ketiga pada saat bakal buah muncul, lakukan seleksi buah. Caranya, buang pentil yang tidak normal, namun tetap pertahankan buah yang berada di batang yang lebih besar dan berbentuk normal.

Terakhir bungkus buah srikaya sedari dini untuk mencegah dari serangan hama dan penyakit.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam srikaya dalam pot agar cepat berbuah lebat. Semoga tulisan kami dapat menginspirasi Sahabat Inspirasi Berkebun dalam bertabulampot. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: GeniusEdukasiid Penulis Panduan Bertanam
Loading...