Cara Menanam Pepaya dalam Pot (Tabulampot Pepaya)

Loading...
Loading...
Bagi Sahabat Inspirasi Berkebun yang ingin menanam buah pepaya namun tidak mempunyai pekarangan yang cukup luas, cobalah bertanam pepaya pada media pot atau tabulampot pepaya. Untuk Sahabat Inspirasi Berkebun yang belum memahami bagaimana cara menanam dengan media pot.

Pada tulisan kali ini kami akan membagikan kepada Sahabat Inspirasi Berkebun bagaimana cara menanam pepaya dalam pot atau tabulampot pepaya. Mungkin masih banyak dari Sahabat Inspirasi Berkebun yang belum tahu cara membuat tabulampot pepaya. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan pemaparan kami dibawah ini.
Cara Menanam Pepaya dalam Pot (Tabulampot Pepaya)
Persiapan Media Tanam
Pada saat pertama kali mengetahui rasa buah pepaya yang satu ini, kami jadi penasaran ingin mencoba menanam pepaya di dalam pot. Alhasil kami mulai mencoba untuk mencari-cari bibit pepaya tersebut. Setelah sekian lama kami mencari akhirnya kami menemukan juga bibit pepaya california ini disalah satu penjual tanaman di daerah kami. Tanpa berfikir lama kami beli bibit pepaya california setinggi 10 cm tersebut sekalian potnya. 

Media tanam yang kami gunakan ialah campuran antara tanah, sedikit kompos randu, sekam bakar, sekam mentah dan pupuk kandang. Untuk media tanam sistem non hidroponik sebaiknya Sahabat Inspirasi Berkebun siapkan pot dengan ukuran yang besar, pilihlan ukuran pot yang akan Sahabat Inspirasi Berkebun gunakan untuk menanam tabulampot pepaya dengan diameter sekitar 40 cm, ukuran tersebut ialah ukuran yang cukup ideal untuk digunakan. 

Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun menggunakan pot plastik atau pot pabrikan biasanya lubang pada bagian bawah pot tidak terlalu banyak, untuk itu Sahabat Inspirasi Berkebun harus menambah lubang pada bagian pot sendiri supaya semakin efektif untuk mensirkulasi kadar air dalam media.

Untuk media tanam dapat dibuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Pastikan pupuk kandang yang Sahabat Inspirasi Berkebun gunakan telah larut atau sudah lama, karena pupuk kandang yang masih baru akan membuat tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun mati karna terlalu panas, namun lebih baik menambahkan sekam sebagai fungsi serap air yang baik.

Bibit dan Penanaman
Untuk bibit pepaya kami rekomendasikan kepada Sahabat Inspirasi Berkebun sebaiknya gunakan jenis pepaya California. Sediakan biji pepaya california untuk di semai dan tempat semaian biji berupa polygag kecil yang di tata dalam satu tempat membentuk sebuah bidang tanam. 

Pada saat umur benih semaian sudah sekitar tiga minggu, pindahkan bibit tersebut pada media pot yang telah berisi media tanam tadi. Setelah bibit dipindah pada pot besar pada jarak waktu sekitar tiga bulan tanaman pepaya jenis ini akan mulai belajar berbunga. Biasanya bunga pertama pepaya tersebut tidak menjadi buah, setelah bunga-bunga berikutnya yang akan menjadi buah.
Tabulampot Pepaya
Cara Perawatan Tabulampot Pepaya Agar Cepat Berbuah
Setelah bibit pepaya Sahabat Inspirasi Berkebun telah berusia sekitar satu bulan atau telah mencapai ketinggian sekitar 50 cm, lakukan pemotongan pada pupusnya supaya tumbuh tunas baru di batang bawah.

Dalam jarak waktu sekitar sepuluh hari tunas baru akan tumbuh, setelah itu batang pohon pepaya dipotong kembali sekitar 15 cm dari tanah, supaya bekas potongan tidak membusuk sebaiknya dibungkus plastik.

Setelah 1 minggu perhatikan batang papaya Sahabat Inspirasi Berkebun, apabila tunas yang tumbuh lebih dari satu maka Sahabat Inspirasi Berkebun harus melakukan seleksi tunas. Sahabat Inspirasi Berkebun pilih satu tunas yang terbaik dengan ciri-ciri berbatang kokoh, segar, besar dan daun membentang lebar serta berwarna hijau muda.

Setelah itu lakukan perawatan terhadap pohon pepaya Sahabat Inspirasi Berkebun sebagaimana biasa. Lakukan penyiraman pada tanaman pepaya secara berkala. Lakukan pemupukan pada tanaman pepaya Sahabat Inspirasi Berkebun baik menggunakan pupuk kimia maupun pupuk organik dan penekanan serangan hama.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam pepaya dalam pot (tabulampot pepaya) agar cepat berbuah lebat. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan Sahabat Inspirasi Berkebun dalam bertabulampot. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: RahmanEnterprise
Loading...