Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Loading...
Loading...
Seperti yang telah kita ketahui bersama, pupuk kompos ialah salah satu pupuk organik buatan manusia yang dibuat dari proses pembusukan sisa-sisa bahan organik seperti dari tanaman maupun dari hewan. Proses pengomposan bisa berlangsung secara aerobik yaitu dengan melibatkan oksigen dan proses pengomposan bisa berlangsung secara anaerobik yaitu tanpa menggunakan osigen di dalam prosesnya. Proses penguraian atau dekomposisi inilah yang menjadikannya disebut sebagai pupuk kompos.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat pupuk kompos sederhana untuk tanaman. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan proses pembuatanya dibawah ini agar lebih mudah dipahami.

Proses Pembuatan Pupuk Kompos Sederhana
Proses pembuatan pupuk kompos sebenarnya meniru sebuah proses terbentuknya humus di alam. Akan tetapi dengan cara merekayasa kondisi lingkungan serta menambahkan beberapa unsur tambahan. Pembuatan pupuk kompos bisa dipercepat hanya dalam jangka waktu dua minggu hingga satu bulan. Waktu tersebut melebihi kecepatan terbentuknya humus secara alami oleh alam. Maka dari itu, pupuk kompos bisa selalu dibuat dan tersedia sewaktu-waktu diperlukan tanpa harus menunggu bertahun-tahun.

Bahan Baku untuk Membuat Pupuk Kompos Sederhana
Seperti yang telah kami sebutkan diatas, pupuk kompos bisanya dibuat dari unsur-unsur organik seperti dari bahan tanaman dan bahan hewan. Pembagian jenis pupuk kompos menurut bahan bakunya akan dijelaskan seperti dibawah ini.

Pupuk kompos dari sampah hijau
Pupuk kompos dari sampah hijau disini dapat terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, daun segar, potongan rumput, bubuk teh dan kopi, limbah rumah tangga, pupuk kandang dan kulit telur. Untuk mudahnya pupuk kompos dari sampah hijau ini bahan bakunya masih memiliki kadar airnya.

Pupuk kompos dari sampah hijau kaya akan unsur Nitrogen ( N ) yang sangat dibutuhkan mikroba untuk tumbuh dan berkembang. Pupuk kompos dari sampah hijau cukup baik diaplikasikan pada tanaman yang sedang dalam masa pertumbuhan daun dan cabang. 

Pupuk kompos dari sampah coklat
Pupuk kompos dari sampah coklat itu termasuk sampah kering di antaranya ialah rumput kering, daun kering, sekam padi, serbuk gergaji serutan kayu, kulit jagung, jerami (batang padi), limbah kertas dan tangkai sayuran.

Pupuk kompos dari bahan sampah coklat sifat fisiknya kasar, kering, berwarna coklat dan berserat. Pada umumnya mengandung unsur C carbon tinggi, sehingga sangat baik untuk diaplikasikan pada tanaman supaya cepat berbuah.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Organik
Diatas telah kami dsebutkan ada 2 jenis bahan baku pupuk kompos yaitu dari sampah hijau dan sampah coklat. Untuk proses pembuatan pupuk kompos dengan hasil yang efektif, penggunaan antara sampah hijau dengan sampah coklat adalah 1:3, Karena, jika Sahabat Inspirasi Berkebun hanya menggunakan sampah coklat saja maka proses pembuatan pupuk kompos akan membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan mengkombinasikan sampah hijau dan sampah coklat.

Pada saat Sahabat Inspirasi Berkebun mengumpulkan sampah atau limbah rumah tangga untuk bahan baku pembuatan pupuk kompos benda-benda yang perlu Sahabat Inspirasi Berkebun pisahkan diantaranya ialah seperti dibawah ini:
Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana
Tulang ikan, daging, tulang ayam, kulit udang, keju, lemak atau minyak dan susu. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari munculnya hama serangga seperti lalat yang dapat menyebabkan munculnya belatung pada saat proses pengomposan.

Kotoran kucing dan kotoran anjing, karena kotoran hewan tersebut bisa membawa penyakit.

Tanaman gulma yang berhama atau terserang penyakit karena hama akan masih terkandung dalam kompos.

Langkah-langkah Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga
Langkah-langkah pembuatanya bisa Sahabat Inspirasi Berkebun baca disini

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara membuat pupuk kompos sederhana untuk tanaman. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan Sahabat Inspirasi Berkebun dalam bertani, silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun untuk berexperimen. Bagikan kiriman ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: lintang sore. com/2016/05/ cara- membuat-pupuk -kompos-sederhana.html
Loading...