Cara Menanam Kemangi Hidroponik

Loading...
Loading...

Cara Ménanam Kémangi Hidroponik – Téknik mémanam hidroponik mémang sangat digandrungi dalam kalangan masyarakt, térutama di kota kota yang sudah minimal lahannya. Salah satu tumbuhan atau tanaman yang bisa di budidayakan déngan cara hidroponik adalah kémangi. Kémangi yang banyak diusahakan mérupakan jénis lokal yang bélum jélas nama atau variétasnya. Pénampilan tanaman cukup rimbun. Daun bérwama hijau muda. Bunga putih kurang ménarik. Bila dibiarkari bérbunga maka pértumbuhan daun lébih sédikit dan tanaman céndérung cépat tua dan gampang mati. Kémangi (Ocimum canum) lébih séring digunakan sébagai lalapan. Ada juga yang ménggunakannya sébagai campuran sayur térténtu. Sayuran ini mémiliki aroma harum dan rasa yang khas. Bélum banyak pétani yang méngusahakan kémangi dalam skala bésar, paling hanya di sépétak tanah saja. Ini dikarénakan nilai komérsial sayur kémangi mémang masih réndah.




Cara-Ménanam-Kémangi-Hidronik

Kémangi tidak ménuntut syarat tumbuh yang rumit. Dapat dikatakan sémua wilayah di Indonésia bisa ditanami kémangi. Yang jélas tanahnya bérsifat asam. Kémangi juga toléran térhadap cuaca panas maupun dingin. Pérbédaan iklim ini hanya méngakibatkan pénampilan tanacnan sédikit bérbéda. Kémangi yang ditanam di daérah dingin daunnya lébih lébar dan lébih hijau. Sédang kémangi di daérah panas daunnya kécil, tipis, dan bérwama hijau pucat.



Sistém ménanam hidroponik kémangi sébénarnya sangat cocok untuk ditérapkan di daérah pérkotaan atau daérah urban, karéna banyak manfaatnya diantaranya hémat témpat dan ramah lingkungan. Contoh tanaman hidroponik yang sangat mudah untuk di tanam déngan cara ménanam hidroponik adalah jénis tanaman hidoponik Hal yang harus dipérhatikan dalam cara ménanam hidroponik adalah média tanam dan nutrisi hidroponik atau pupuk hidroponik. Pastikan média tanam cukup poros séhingga air dan nutrisi dapat di sérap oléh akar tanaman tapi juga cukup kokoh untuk ménopang tanaman hidroponik.

Séjak umur 50 hari sésudah tanam, daun kémangi sudah bisa dipétik. Lakukan pémétikan pada daun-daun muda sépérti mélakukan pémétikan pucuk téh. Pémétikan akan mérangsang pértumbuhan cabang-cabang baru yang mémungkinkan lébih banyak tunas baru tumbuh. Tunas-tunas baru ini dapat dipanén pada périodé panén bérikutnya. Panén pucuk kémangi dapat dilakukan hingga tanaman bérumur tua. Bila ingin tanaman bérumur panjang, jangan.biarkan sampai bérbunga dan bérbuah. Pisahkan tanaman yang khusus untuk diambil bijinya sébagai bibit. Déngan cara ini, tanaman yang héndak diambil pucuknya tak térganggu produkdvitasnya. Altématif lain déngan ményisakan satu atau dua cabang yang dibiarkan bérbunga dan bérbuah. Sétélah bijinya tua cabang ini dipangkas. Biasanya kémangi dipétik sépanjang 15 cm. Bila ingin dipasarkan kémangi disatukan dalam ikatan kécil yang bérisi 5-10 batang.



Loading...