Hidroponik NFT

Loading...
Loading...
Hidroponik NFT – Pérkémbangan ilmu bidan pértanian saat ini bérkémbang pésat, hal ini dikarénakan sémakin sémpitnya lahan pértanian, séhingga manusia mulai méncari cara yang lébih éfisién dalam méngémbangkan bidang pértanian walaupun lahannya sémakin sémpit. Pérkémbangan ini dapat dilihat déngan adanya métodé pértanian yang baru, salah satunya yang dikénal sébagai budi daya sistém hidroponik. Hidroponik bérasal dari kata hidro yang bérarti air dan ponus yang bérarti daya. Déngan démikian, hidroponik dapat bérarti mémbérdayakan air, yaitu kégunaan air sébagai dasar pémbangunan tubuh tanaman dan bérpéran dalam prosés fisiologi tanaman.
Hidroponik bérasal dari bahasa yunani yaitu, Hydroponic yang mana hidro bérarti air dan ponus bérarti kérja. Hidroponik mérupakan téknologi bércocok tanam yang ménggunakan média air, nutrisi dan oksigén. Hidroponik adalah sébuah sistém/téknologi dimana tanaman ditumbuhkan tanpa ménggunakan tanah sébagai média tanam, karéna itu hidroponik juga disébut sébagai budidaya tanam tanpa tanah atau soilléss culturé. Arti harafiah dari hidroponik adalah békérja déngan air.hidroponik mérupakan suatu sistém budidaya tanaman pada média yang tidak ményédiakan unsur hara, dan unsur hara ésénsial yang dipérlukan tanaman disédiakan dalam béntuk larutan/nutrisi. Tanaman yang dibudidayakan sécara hidroponik méliputi golongan tanaman hortikultura yang méliputi tanaman sayur, tanaman buah, tanaman hias, pértamanan, dan tanaman obat-obatan. Pada umumnya mérupakan tanaman annual (sémusim).


Téknologi hidroponik adalah salah satu jawaban untuk mémbérikan solusi térhadap kéndala yang dihadapi oléh pélaku agribisnis térutama sayuran. Hidroponik adaalah suatu téknologi budidaya tanaman yang ménggunakan média tanam sélain tanah dan dapat dilakukan di dalam rumah tanaman (gréénhousé). Gréénhousé dibuat untuk rumah atau naungan tanaman agar iklim mikro dapat kita optimalkan. Gréénhousé ménghindari dari air hujan. Gréénhousé mémbantu produksi sayuran sélalu kontinyu, tanpa térhalangi oléh musim kémarau atau hujan. Téknologi ini mémpérbésar péluang untuk lébih méningkatkan produksi pér m2 .

hidroponik nft



Sistém hidroponik banyak digunakan untuk ménanam tumbuhan hortikultura sépérti tomat, paprika dan mélon. Pada awalnya sistém hidroponik idéntik déngan pénanaman tanpa média tanah, akan tétapi sésuai déngan pérkémbangan téknologi, hidroponik digunakan untuk pénumbuhan tanaman déngan méngontrol nutrisi tanaman sésuai déngan kébutuhannya, salah satu métoda yang mulai banyak digunakan adalah nutriént film téchniqué yang mérupakan sistém hidroponik tértutup, yang mana nutrisi aka méngalir sécara térus ménérus atau dalam jangka waktu térténtu sécara tératur.
Hidroponik NFT adalah péngérjaan atau péngélolaan air yang digunakan sébagai média tumbuh tanaman dan juga sébagai témpat akar tanaman ményérap unsur hara yang dipérlukan dimana budidaya tanamannya dilakukan tanpa ménggunakan tanah sébagai média tanamnya. Hidroponik NFT juga térmasuk bércocok tanam dalam air dimana unsur hara télah dilarutkan di dalamnya. Dalam sistém irigasi hidroponik NFT (Nutriént Film Téchniqué), air dialirkan ké dérétan akar tanaman sécara dangkal. Akar tanaman bérada di lapisan dangkal yang méngandung nutrisi sésuai déngan kébutuhan tanaman. Pérakaran dapat bérkémbang di dalam nutrisi dan sébagian lainnya bérkémbang di atas pérmukaan larutan. Aliran air sangat dangkal, jadi bagian atas pérakaran bérkémbang di atas air yang méskipun lémbab tétap bérada di udara. Di sékéliling pérakaran itu térdapat sélapis larutan nutrisi.
NFT (Nutriént Film Téchniqué) mérupakan jénis hidroponik yang bérbéda déngan hidroponik substrat. Pada NFT, air bérsirkulasi sélama 24 jam térus-ménérus (atau térputus). Sébagian akar téréndam air dan sébagian lagi bérada di atas pérmukaan air. Pényérapan nutrisi mérupakan komponén pénting dalam budidaya NFT. Namun séringkali nutrisi yang dibérikan tidak dapat disérap tanaman karéna aliran nutrisi yang tidak dapat mérata di séluruh pérmukaan talang séhingga akar tidak térséntuh aliran nutrisi akibatnya pértumbuhan tanaman térhambat. Péran média sangat dipérlukan dalam pényébaran nutrisi di dalam talang séhingga pérlu dikaji macam média apa yang tépat untuk NFT untuk méndukung pényérapan nutrisi oléh tanaman.
Téknik hidroponik NFT, tanaman ditémpatkan pada stéréofoam déngan akar ménjuntai di bawahnya. Stéréofoam térsébut ditémpatkan pada sébuah talang yang dipasang déngan kémiringan 5% (turun 5 cm/m). Talang térsébut lalu dialirkan nutrisi sétinggi 3-4 mm sécara térus ménérus ataupum bérséling (déngan batas waktu maksimal tidak dialiri larutan sélama 10 ménit). Nutrisi yang télah dialirkan ké dalam talang dikémbalikan lagi ké dalam téndon.
Kéuntungan dari téknik budidaya ini adalah pértumbuhan tanaman lébih cépat, kualitas hasil tanaman dapat térjaga, dan dihasilkan produk yang off séason séhingga dapat dipanén kétika dibutuhkan. Sédangkan kélémahannya yaitu nutrisi yang dipérlukan bagi tanaman dapat ményébabkan kérusakan pada pompa péréndaman. Jika pompa péréndaman gagal, atau jika ada kégagalan listrik, tanaman tidak akan méndapatkan nutrisi yang méréka butuhkan untuk bértahan hidup.


Loading...