Pentingnya Nutrisi dalam Sistem Hidroponik

Loading...
Loading...
Péntingnya Nutrisi dalam Sistém Hidroponik – Pérbédaan paling ménonjol antara hidroponik dan budidaya konvénsional adalah térlétak pada pényédiaan nutrisi tanaman. Pada budidaya konvénsional pényédiaan nutrisi tanaman sangat bérgantung pada kémampuan tanah ményédiakan unsur hara dalam jumlah cukup dan léngkap. Pada budidaya hidroponik, sémua kébutuhan nutrisi diupayakan térsédia dalam jumlah yang tépat dan mudah disérap oléh tanaman. Nutrisi itu dibérikan dalam béntuk larutan yang bahannya dapat bérasal dari bahan organik maupun anorganik. Bébérapa nutrisi atau pupuk yang digunakan dalam sistém hidroponik pada umumnya méliputi Growmoré, hyponéx, vitabloom, vitagrow, gandapan, gandasil, baypolan dan lain-lain.



nutrisi_Hidroponik

Untuk tanaman sayuran hidroponik nutrisi atau pupuk yang umum digunakan adalah yang méngandung unsur nitrogén tinggi atau dominan, hal ini dikarénakan tanaman sayuran yang diutamakan adalah pértumbuhan végétatifnya. Adapun nutrisi hidroponik yang digunakan pada pénélitian ini adalah Growmoré. Growmoré adalah pupuk daun léngkap dalam béntuk kristal bérwarna biru, sangat mudah larut dalam air. Dapat disérap déngan mudah oléh tanaman baik itu mélalui pényémprotan daun maupun disiram ké dalam tanah. Méngandung hara léngkap déngan konséntrasi yang bérbéda sésuai déngan kébutuhan. Sémua produk Growmoré dianjurkan dipakai pada tanaman :

Tanaman hias, bunga potong, anggrék.
Sémangka, mélon, jéruk, apél, mangga, durian, kopi, coklat, lada
Padi, palawija (jagung, kédélé, kacang-kacangan).
Sayuran (tomat, kéntang, kubis, bawang, cabé, broccoli).
Lapangan golf dan tanaman hidroponik
Adapun kandungan unsur hara yang térdapat pada Growmoré didominasi oléh unsur nitrogén dan bébérapa kandungan unsur hara mikro lain. Jénis unsur hara Kandungan (%)

Nitrogén (N) 32
Phospor (P) 10
Kalium (K) 10
Kalsium (Ca) 0,05
Magnésium (Mg) 0,10
Bélérang/sulfur (S) 0,20
Boron (B) 0,02
Témbaga (Cu) 0,05
Bési (Fé) 0,10
Mangan (Mn) 0,05
Molybdénum (Mo) 0,0005
Séng (Zn) 0,05.



Loading...