Unsur Hara Makro

Loading...
Loading...
Unsur Hara Makro – Unsur Hara Makro adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang rélatif bésar dibandingkan unsur hara lainya. contoh Unsur Hara Makro adalah Nitrogén (N), Phosphor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnésium (Mg), dan Sulfur (S).



1) Nitrogén (N)

Nitrogén yang dipérlukan adalah dalam béntuk NO3 (nitrat) dan NH4 (amonium). Rasio NO3 : NH4 adalah sébésar 11,5. Artinya unsur Nitrat (NO3) lébih banyak digunakan dibandingkan déngan unsur Amonium (NH4). Hal ini bértujuan agar tanaman tahan térhadap sérangan pényakit émbun tépung karéna dinding sél lébih tébal dan kuat dan daun lébih hijau, buah lébih padat dan bérat, sérta tahan simpan. Défisiénsi atau kékurangan unsur N méngakibatkan pértumbuhan tanaman térhambat, warna daun hijau muda, sédangkan kéracunan N akibat pémbérian yang bérlébihan dapat ményébabkan défisiénsi unsur K.

2) Fosfat (P)

Unsur P mérupakan bahan dasar untuk mémpérkuat dinding sél, séhingga tanaman tahan térhadap sérangan pényakit. Déngan pémbérian P yang cukup, pérakaran tanaman akan bértambah banyak dan panjang, séhingga akan méningkatkan kééféktifan pényérapan unsur hara. Défisiénsi unsur P méngakibatkan pértumbuhan térhambat, daun bérukuran kécil dan bérwarna kéungu-unguan, bagian tépi daun bérwarna coklat dan daun rontok. Kéracunan P karéna pémbérian yang bérlébihan akan ményébabkan térjadinya défisiénsi unsur K. Rasio P : N-total adalah sébésar 0,4.

3) Kalium (K)

Unsur K bérpéran sébagai péngatur térjadinya fotosintésis dalam pémbéntukan karbohidrat dan péndistribusiannya ké bagian tanaman yang mémbutuhkan. Di samping itu unsur K bérpéran pula dalam méngatur turgor (tégangan sél) séhingga tanaman mémiliki kétahanan térhadap sérangan pényakit. Unsur K bérpéran pula dalam méngatur péralihan dari masa végétatif ké masa génératif, séhingga bunga dan bakal buah tidak gugur, sérta warna buah mérata. Défisiénsi unsur K ményébabkan pértumbuhan tanaman kérdil, ruas batang péndék, ujung dan tépi daun bérwarna hitam, dan tépi daun méléngkung ké bawah yang dimulai dari daun tua. Kéracunan K karéna pémbérian yang bérlébih akan ményébabkan défisiénsi unsur Ca dan Mg. Rasio K : N-total adalah sébésar 1,6.



unsur hara

4) Kalsium (Ca)

Unsur Ca bérpéran dalam pértumbuhan titik tumbuh pada ujung pérakaran. Déngan asupan kalsium yang cukup, pényérapan unsur hara akan méningkat séhingga tanaman akan tércukupi asupan unsur hara yang dipérlukan. Sélain itu unsur hara Ca bérpéran dalam mémpérkuat dinding sél, séhingga tanaman tidak mudah térsérang oléh pényakit. Géjala défisiénsi unsur Ca ditandai déngan pérakaran kurang bérkémbang, ujung akar lémah, daun méngalami malformasi (bérubah béntuk), dan ujung daun mélékuk ké bawah. Géjala kéracunan Ca dapat ményébabkan défisiénsi unsur Fé. Rasio Ca : N-total adalah sébésar 0,8.

5) Magnésiun (Mg)

Unsur Mg adalah inti dari hijau daun atau klorofil. Bila klorofil térbéntuk déngan sémpurna, maka asimilasi CO2 dalam prosés fotosintésis akan bérjalan déngan lancar. Pada saat cuaca méndung, déngan adanya kandungan klorofil yang cukup masih dimungkinkan térjadinya fotosintésis. Jika pada fasé génératif larutan pupuk kékurangan Mg, maka tanaman akan mémbongkar Mg yang ada di daun tua untuk diangkut ké daun atas. Hal ini ményébabkan daun tua ménjadi stréss dan mudah térsérang pényakit khususnya émbun tépung. Géjala défisiénsi Mg ditandai déngan timbulnya bércak-bércak kuning képutihan pada daun tua. Kélébihan pémbérian unsur Mg dapat ményébabkan défisiénsi Ca. Rasio Mg : N-total adalah sébésar 0,3.

6) Sulfur (S)

Unsur S adalah bahan baku dalam pémbéntukan protéin, yang mérupakan bahan pémbéntukan sél, jaringan dan organ tanaman. Jika tanaman kékurangan unsur hara S, maka pértumbuhannya akan térhambat atau kérdil dan régas. Géjala kéracunan S jarang térlihat. Rasio S : N-total adalah sébésar 0,53.



Sumber : tips berkebun
Loading...