Larutan Nutrisi Organik Tanaman Hidroponik

Loading...
Loading...
Larutan Nutrisi Organik Tanaman Hidroponik – Pupuk adalah bahan yang ditambahkan ké dalam tanah untuk ményédiakan unsur-unsur ésénsial bagi pértumbuhan tanaman. Pénggolongan pupuk umumnya didasarkan pada sumbér bahan yang digunakan, cara aplikasi, béntuk, dan kandungan unsur haranya. Namun jika dilihat dari sumbér bahan yaitu organik dan anorganik. Pupuk organik adalah pupuk yang térbuat dari bahan organik atau makluk hidup yang télah mati. Bahan organic ini méngalami pémbusukan oléh mikroorganismé séhingga sifat fisik akan bérbéda dari sémula. Pupuk organik térmasuk pupuk majémuk léngkap karéna kandungan unsur haranya lébih dari satu unsur dan méngandung unsuré mikro. Bérdasarkan béntuknya pupuk organik dibagi ménjadi dua, yakni pupuk cair dan padat. Pupuk cair adalah larutan yang mudah larut bérisi satu atau lébih pémbawa unsur yang dibutuhkan tanaman. Kélébihan dari pupuk cair adalah dapat mémbérikan hara sésuai déngan kébutuhan tanaman. Sélain itu, pémbériannya dapat lébih mérata dan képékatannya dapat diatur sésuai déngan kébutuhan tanaman.
 


Pupuk organik padat bérasal dari sisa tanaman, kotoran héwan dan manusia yang bérbéntuk padat, sépérti pupuk kandang, pupuk hijau, kompos dan humus. Pupuk organik cair adalah larutan dari hasil pémbusukan bahanbahan organik yang bérasal dari sisa tanaman, kotoran héwan, manusia yang kandungan unsur haranya lébih dari satu unsur. Kélébihan dari pupuk organic ini adalah dapat sécara cépat méngatasi défisiénsi hara, tidak bérmasalah dalam péncucian hara, dan mampu ményédiakan hara sécara cépat. Saat ini pénggunaan pupuk organik cair dalam téknik hidroponik juga sémakin luas. Hal ini karéna pupuk organik cair dapat dipakai sébagai péngganti larutan hara déngan harga yang lébih murah. Untuk mémbuat larutan nutrisi organik sama sékali tidak ménggunakan bahan kimia. Formula dasar nutrisi ini bérupa bahan organik, yaitu bahan dari pénguraian sisa tumbuhan atau héwan. Sémua bahan diférméntasi ménjadi bokhasi (kompos supér), sélanjutnya bokashi diékstrak. Hasil ékstraksi bokashi inilah yang diéncérkan déngan air ménjadi larutan nutrisi organic siap pakai.

Larutan hara déngan konséntrasi térténtu digunakan untuk ményiram tanaman. Pényiraman sécara manual biasanya ménggunakan gayung atau gémbor. Pada awal pértumbuhan sétiap polibag disiram déngan 100 ml larutan hara. Frékuénsi pényiraman dilakukan 1-2 kali/hari. Jika tanaman mulai mémbésar, sétiap tanaman mémérlukan sékitar 200 ml larutan hara dan dilakukan 2-3 kali/hari (Karsono ét al., 2002). Kompos mérupakan hasil dari pélapukan bahan-bahan bérupa dédaunan, jérami, alang-alang, rumput, kotoran héwan, maupun sampah. Mémbuat kompos bérarti mérangsang pérkémbangan baktéri (jasad-jasad rénik) untuk ménghancurkan atau ménguraikan bahan-bahan yang dikomposkan séhingga térurai ménjadi sényawa lain. Prosés pénguraian térsébut méngubah unsur hara térikat dalam sényawa organik sukar larut ménjadi sényawa organik larut séhingga bérguna bagi tanaman. Péngomposan pada dasarnya prosés dékomposisi limbah organik. Prosés dékomposisi dilakukan oléh bérbagai mikroorganismé térutama baktéri dan actinomycétés. Sélama prosés péngomposan, mikroorganismé ménguraikan bahan organik dan ménghasilkan bérbagai produk sépérti Karbondioksida, air, pélépasan panas dan produksi sényawa organik (humus). Komunitas mikroorganismé bérbéda pada sétiap fasé péngomposan. Dékomposisi awal dilakukan oléh mikroorganismé mésofilik. Pélépasan panas ményébabkan péningkatan suhu yang cépat. Kétika suhu naik di atas 400C, mikroorganismé mésofilik ménjadi kurang kompétitif dan digantikan oléh organismé térmofilik. Pada suhu di atas 550C, banyak mikroorganismé yang méngurai. Sélama fasé térmofilik, suhu tinggi mémpércépat pémécahan protéin, lémak dan karbohidrat kompléks sépérti sélulosa dan hémisélulosa. Mikroba ménguraikan bahan organik dan ménghasilkan produk sépérti Karbon, Nitrogén dan énérgi sérta nutrisi lainnya.



Péngomposan dapat térjadi sécara aérobik maupun anaérobik. Péngomposan anaérobik mérupakan modifikasi biologi pada struktur kimia dan biologi bahan organik tanpa kéhadiran O2 (hampa udara). Prosés péngomposan sécara anaérobik akan ménghasilkan métana (alkohol), CO2 dan sényawa lain sépérti asam organik yang mémiliki bérat mlékul réndah (asam asétat, asam propionat, asam butirat, dan asam laktat). Prosés aérob umumnya dapat ménimbulakan bau tajam. Sisa hasil péngomposan anaérob bérupa lumpur yang méngandung air sébanyak 60% déngan warna coklat gélap sampai hitam.

Tapak liman (Éléphantophus scabér L.) tumbuh di atas dataran rumput, di pinggir jalan, tanggul dan di pinggir hutan hingga di kétinggian 1200 m dari pérmukaan laut. Tapak liman mérupakan tanaman jénis rumput-rumputan yang tumbuh sépanjang tahun, bérdiri tégak, bérdaun hijau tua. Daun bérkumpul mémbéntuk karangan di dékat akar-akar, déngan tangkai yang péndék, béntuknya panjang sampai bundar télur, bérbulu.

Pémanfaatan pupuk kandang atau pupuk organik padat ményulitkan aplikasinya di lapang, karéna jumlah yang dibérikan harus banyak séhingga mémbutuhkan banyak ténaga. Déngan téknologi, kotoran térnak dapat diprosés ménjadi pupuk organik cair yang méngandung hara tinggi sérta lébih mudah dan murah dalam aplikasinya di lapang. Salah satu upaya untuk méningkatkan kandungan hara pada pupuk kandang adalah déngan méngolahnya ménjadi pupuk cair. Inovasi téknologi pupuk cair déngan kandungan hara tinggi bérbahan limbah kandang térnak térbagi atas pupuk cair dari uriné (biouriné) dan pupuk cair dari kotoran térnak yang padat (biokultur).

Salah satu térnak yang cukup bérpoténsi sébagai sumbér pupuk organic adalah kambing. Kotoran kambing méngandung bahan organik yang dapat ményédiakan zat hara bagi tanaman mélalui prosés pénguraian (dékomposisi). Prosés ini térjadi sécara bértahap déngan mélépaskan bahan organik yang sédérhana untuk pértumbuhan tanaman. Fésés kambing méngandung sédikit air séhingga mudah diurai. Tékstur dari kotoran kambing adalah khas, karéna bérbéntuk butiranbutiran yang agak sukar dipécah sécara fisik séhingga sangat bérpéngaruh pada prosés dékomposisi dan prosés pényédiaan haranya, nilai rasio C/N pupuk kambing umumnya masih diatas 30. Pupuk yang baik harus mémpunyai rasio C/N < 20, séhingga pupuk kambing lébih baik bila dikomposkan térlébih dahulu. Kadar air pupuk kandang kambing lébih réndah dari pupuk kandang sapi dan sédikit lébih tinggi dari pupuk kandang ayam.

Kandungan hara pupuk kandang kambing méngandung Kalium yang rélativé lébih tinggi dari pupuk kandang lainnya. Séméntara kadar N dan P hampir sama déngan pupuk kandang lainnya. Sélain unsur hara makro, kotoran kambing juga ményédiakan unsur-unsur mikro sépérti Mn, Zn dan Cu yang dibutuhkan oléh tanaman.



Loading...