Menanam Adenium Dengan Media Sekam Bakar

Loading...
Loading...
Ménanam Adénium Déngan Média Sékam Bakar – Sékam bakar dikénal sébagai campuran média yang cukup baik untuk méngalirkan air, séhingga média tétap térjaga kélémbabannya. Namun sélain arang, sékam juga punya kémampuan untuk ménjérnihkan air dan juga ménghalang pényakit. Bahkan kandungan nitrogén yang dimilikinya, diyakini bisa méningkatkan késuburan dari média tanaman.
Arang sékam atau sékam bakar adalah sékam yang sudah méléwati prosés pémbakaran yang tak sémpurna bérwarna hitam. Prosés sama déngan pémbuatan arang, yaitu ménghéntikan pémbakaran sébélum sékam jadi abu déngan cara ditutup atau disiram déngan air. Di situ, struktur béntuk tak jauh béda déngan sékam méntah/putih – bérwarna hitam, karéna sudah ikut hangus térbakar.


Sékam bakar séndiri di kalangan pétani dan pénghobi tanaman dikénal sébagai bahan untuk média tanam. Fungsinya, bisa untuk média tanam biasa yang dicampur déngan bahan lain, sépérti kompos dan akar pakis maupun pasir malang. Sékam bakar juga dimanfaatkan sébagi média tanam untuk hidroponik, karéna punya karaktéristik yang istiméwa. Komposisi kimiawi dari arang sékam séndiri térdiri dari SiO2 déngan kadar 52% dan C sébanyak 31%. Séméntara kandungan lainnya térdiri dari Fé2O3, K2O, MgO, CaO, MnO, dan Cu déngan jumlah yang kécil sérta bébérapa bahan organik lainnya. Déngan kandungan yang léngkap, mémbuat bahan ini jadi pilihan utama bagi pénghobi tanaman hias untuk mémbérikannya dalam média tanam.

Ménanam Adénium Déngan Média Sékam Bakar

Sélain itu, sécara fisik sékam bakar mémpunyai bagian rongga yang bésar, séhingga baik untuk média tanam, sépérti adénium. Sébab, média tanam yang ménahan air mémbuat bagian akar jadi lémbab dan ini jadi awal béncana untuk adénium. Hasilnya pun sangat dékat pada pényakit busuk akar. Di situ, fungsi sékam bakar mémang jadi salah satu média térpénting dalam pértumbuhan adénium. Sébab, campuran média yang disarankan adalah kompos, sékam bakér, dan térakhir adalah pasir lava atau pasir malang. Komposisi sékam mémang béragam, tapi sétidaknya bisa méngisi hingga 25-50%, térgantung dari kondisi suhu udara lingkungan. Karaktéristik fisik yang mémpunyai bérat sangat ringan dan kasar, mémbuat sirkulasi udara dan air dalam média tanam jadi lébih tinggi. Déngan banyaknya pori yang muncul, maka kémampuan ménahan air juga baik dan diimbangi kéhébatan untuk ményérap sinar matahari dari warnanya yang hitam. Kékuatan untuk ményérap dan ménahan baktéri maupun gulma yang bisa ménggangu tanaman, bélum banyak dikétahui oléh pénghobi. Namun sudah banyak yang ménggunakan dari faktor turun-témurun. Salah satunya adalah déngan méncampur dalam média tanam.
Kémampuan ménangkal pényakit séndiri bisa dilihat dari kadar pH yang dimiliki cukup tinggi di kisaran 8.5 – 9.0. Déngan kadar yang dimiliki jélas baktéri dan gulma mérugikan énggan untuk méndékat. Pénémpatan yang paling éféktif adalah di bagian bawah pot untuk ménghadang pényakit masuk léwat lubang sirkulasi. Caranya tak sulit, cukup bérikan lapisan sékam bakar di bagian bawah pot, térutama pada lubang sirkulasi. Déngan adanya sékam bakér, maka panyakit yang bérusaha masuk léwat bawah pot akan tértahan dan mati. Séméntara di bagian akar, tétap tumbuh déngan baik méski pH yang dimiliki tinggi, karéna média di atasnya ménggunakan campuran bahan lain. Pénémpatan ini mémang sédikit anéh, karéna di kalangan pénghobi – bagian bawah pot biasanya diisi oléh matérial yang mémpunyai volumé bésar, agar tak ménghalangi air yang héndak kéluar.

Di adénium agak béda, karéna sédikit saja kéna panyakit, akar bisa busuk dan adénium bisa rusak,” imbuh Mahéndra yang akrab dipanggil Pak Pho ini. “Jadi, sangat pénting méncégah pényakit masuk,” lanjutnya. Kémampuan untuk méngusir pényakit sébénarnya sudah dimiliki dan dikénal lama, yaitu pada prosés pénjérnihan air. Di situ fungsinya, sélain méngusir pényakit juga ményaring kotoran, séhingga air bisa jérnih dan bébas pényakit. Bila di Grésik pétani adénium ménggunakan campuran biji kapuk untuk mémpérbésar bonggol, Pak Pho malah ménggunakan sékam bakar. Alasannya, murah dan lébih tahan lama. Sébab, sékam mémpunyai daya tahan lébih lama untuk hancur dan yang paling pénting tak ménimbulkan jamur sépérti biji kapuk. Komposisi yang digunakan cukup ékstrim, dimana sékam bakar dicampur déngan kompos dan pasir malang déngan pérbandingan 5:1:1. Angka yang bésar, tapi hasilnya sangat évéktif. Syarat mémpérbésar bonggol séndiri harus masuk pada média tanam yang lunak dan stéril. Kébérsihan dari kuman dan pényakit ini sangat pénting, karéna saat prosés pémbésaran otomatis kulit luar dari akar/bonggol jadi lébih lunak dan mudah térsérang pényakit. Di situ sékam bisa mémbérikan dua fungsi, yaitu média lunak dan stéril, karéna prosésnya ménggunakan suhu tinggi.
Masalah harga jadi satu alasan yang masuk akal untuk mémilih sékam bakar sébagai média dominan. Sébab, sampah pénggilingan padi ini bisa didapatkan déngan harga yang cukup ékonomis. Satu truk sékam méntah, harganya sékitar Rp 300-400 ribu. Sédangkan réndémén sétélah dibakar méncapai angka 50%. Angka térsébut téntu cukup ménarik dibandingkan ménggunakan kompos atau pasir malang yang harus méngéluarkan uang sétidaknya Rp 5 ribu untuk satu kantong. Dari situ, jélas sékam bakar lébih masuk akal digunakan térlébih bagi pénghobi yang méngkomérsilkan koléksinya, séhingga biaya produksi bisa ditékan apalagi bila mampu mémproduksi séndiri. Déngan harga bahan baku yang tak mahal, didukung déngan mudahnya prosés pémbuatan. Bahkan untuk volumé bahan baku satu truk médium, bisa dikérjakan satu hari déngan ménggunakan 3-4 orang. Caranya béragam, tapi Pak Pho ményarankan untuk ménggunakan modél bakar déngan tungku kotak.Di situ, modél tungku bérbéntuk kotak déngan dinding dari béton dan di bawah térdapat kaki yang ményédiakan rongga untuk bahan bakar. Bérikan pénahan kawat di bagian bawah. Sélanjutnya, isi bagian atas déngan sékam méntah dan bakar di bagian bawah. Sétélah bagian bawah térbakar, pukul pérlahan pada kawat agar sékam yang térbakar bisa jatuh sébélum jadi abu. Sélanjutnya, pindahkan arang yang panas ini ké lokasi baru. Jangan lupa untuk mémbérikan sémprotan air untuk mémastikan api sudah padam.Cara yang lain juga bisa dilakukan adalah déngan mémbakar pipa bési yang di dalamnya sudah diisi déngan sékam méntah. Suhu yang panas akan mémbakar sékam jadi béntuk arang. Sétélah matang, ségéra kéluarkan dari dalam pipa dan jangan lupa untuk mémbérikan sémprotan air. Méski punya kécépatan sama, tapi sékam yang jadi abu jauh lébih banyak déngan cara ini, karéna porsés pémbakaran tak bisa dilihat. Térakhir bisa déngan modél sangria, dimana sékam dilétakkan di atas bahan yang di bawahnya sudah dibérikan panas. Bisa ménggunakan séng atau wajan bésar. Aduk sécara mérata sampai dirasa cukup baru, sékam diangkat. Prosés ini lébih aman, karéna mudah dikontrol, tapi butuh waktu lébih lama dibandingkan cara sébélumnya.




Loading...