Sistem Instalasi Hidroponik NFT

Loading...
Loading...
Sistém Instalasi Hidroponik NFT – Hidroponik mérupakan salah satu sistém pértanian masa dépan karéna dapat diusahakan di bérbagai témpat, baik di désa, di kota, di lahan térbuka, atau di atas apartémén sékalipun. Luas tanah yang sémpit, kondisi tanah kritis, hama dan pényakit yang tak térkéndali, kétérbatasan jumlah air irigasi, musim yang tidak ménéntu, dan mutu yang tidak séragam bisa ditanggulangi déngan systém hidroponik. Hidroponik dapat diusahakan sépanjang tahun tanpa méngénal musim. Oléh karéna itu, harga jual panénnya tidak khawatir akan jatuh. Péméliharaan tanaman hidroponik pun lébih mudah karéna témpat budidayanya rélatif bérsih, média tanamnya stéril, tanaman térlindung dari térpaan hujan, sérangan hama dan pényakit rélatif kécil, sérta tanaman lébih séhat dan produktivitas lébih tinggi (Hartus, 2008).

sistém-hidroponik



NFT mérupakan modél budidaya hidroponik déngan mélétakkan akar tanaman pada lapisanair yang dangkal. Air térsébut térsirkulasi dan méngandung nutrisi sésuai kébutuhan tanaman. Pérakaran bisa bérkémbang di dalam larutan nutrisi. Karéna di sékéliling pérakaran térdapat sélapis larutan nutrisi, maka sistém ini dikénal déngan nama nutriént film téchniqué (NFT) (Lingga, 2011). Salah satu jénis sayur yang mudah dibudidayakan adalah tanaman sawi. Sayuran bérdaun hijau ini térmasuk tanaman yang tahan térhadap air hujan, dan dapat dipanén sépanjang tahun karéna tidak térgantung déngan musim. Masa panén pun térbilang cukup péndék, karéna sétélah 40 hari ditanam sawi sudah dapat dipanén. Di samping kémudahan dalam prosés budidaya, sayur sawi juga banyak dijadikan sébagai péluang bisnis karéna péminatnya yang cukup banyak. Pérmintaan pasarnya juga cukup stabil, séhingga résiko kérugian sangat kécil.



Bébérapa jénis sawi yang saat ini cukup popular dan banyak dikonsumsi masyarakat, antara lain sawi hijau, sawi putih, dan sawi pakcoy atau caisim. Dari kétiga jénis sawi térsébut, pakcoy mérupakan jénis yang banyak dibudidayakan saat ini. Batang dan daunnya yang lébih lébar dari pada sawi hijau biasa, mémbuat sawi jénis pakcoy lébih séring digunakan masyarakat dalam bérbagai ménu masakan. Hal ini téntu mémbérikan prospék bisnis yang cukup cérah bagi para pétani sawi pakcoy, karéna pérmintaan pasarnya cukup tinggi.

Apilkasi sistém hidroponik NFT pada pénélitian ini bértujuan untuk méngétahui péngaruh kémiringan pipa talang térhadap pértumbuhan dan produksi tanaman pakcoy. Ménurut Untung (2000), sémakin miring talangnya maka produktivitas tanaman sémakin bésar. Dalam pénélitian ini kémiringan pipa talang dalam konstruksi hidroponik NFT yang ditérapkan bésarnya yaitu 1%, 3%, 5%, dan 7%.

Térdapat pérbédaan rata-rata pértumbuhan dan produksi tanaman pakcoy déngan ménggunakan pipa talang NFT yang bérbéda. Kémiringan pipa talang NFT yang bérpéngaruh paling baik térhadap pértumbuhan tanaman (jumlah daun, tinggi tanaman, dan panjang akar) dan produksi tanaman pakcoy (bérat tanaman) térdapat pada kémiringan 5%. Hasil rata-rata pértumbuhan dan produksi tanaman pada kémiringan pipa talang NFT 5% untuk sétiap tanamannya yaitu jumlah daun 9,1 hélai tinggi tanaman 18,4 cm panjang akar tanaman 4a1,5 cm, dan bérat tanaman 34,49 gr.


Sumber : tips berkebun
Loading...